Seluruh Perempuan Batubara Diajak Deteksi Dini Kanker

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat gebyar IVA Test Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker leher rahim memberikan bantuan beras ke warga.(foto. Diskominfo Batubara)
iklan

BATUBARA.Ersyah.comDinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), menggelar Gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim, Kamis (2/6/22) di Puskesmas Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Batubara, Sumatra Utara.

Bupati Batubara Ir Zahir MAP menyampaikan, perkembangan kasus kanker yang diderita para ibu dan wanita usia subur saat ini sangat mengkhawatirkan dan berdampak pada aspek sosial serta kesehatan masyarakat, perlu dilakukan pemeriksaan dini.

“Ibu-ibu, perlu melakukan mendeteksi dini kanker payudara dan kanker serviks dengan melakukan IVA Test. Ini sebagai antisipasi tindakan yang cepat dan tepat. Jadi, kalau ditemukan pada stadium dini maka peluang sembuh akan lebih besar. Dari itu seluruh perempuan di Kabupaten Batubara deteksi dini Kanker,”ajak Bupati Zahir.

Ia berharap gebyar IVA Test dapat terwujud dengan adanya koordinasi, sinergitas dan dilakukan bersama-sama, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Batubara dapat meningkat.

“Kegiatan ini untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim. IVA test adalah cara mudah, murah dan cepat dalam mendeteksi secara dini kanker serviks, karena hasilnya langsung bisa diketahui apakah seseorang hasilnya positif atau negatif, bagi yang positif akan dilakukan tindakan krioterapi,”sebut Zahir.

Kadis Kesehatan P2KB, drg Wahid Khusyairi MM, dalam laporannya menyampaikan, bahwa Kecamatan Sei Balai ditunjuk sebagai wilayah percontohan IVA Test Tahun 2022. Hasil penilaian cakupan pelaksanaan deteksi dini pemeriksaan kanker payudara dan serviks di Kecamatan Sei Balai mencapai 1.885 orang sasaran, dari target sasaran 2.497 orang.

“Ini dapat menimbulkan kekhawatiran dan masalah kesehatan. Sehingga ini menjadi perhatian kita bersama untuk mengajak masyarakat menerapkan hidup sehat, mendorong pencegahan melalui deteksi dini hingga sampai proses pengobatan,”ungkap Wahid.

Wahid juga menambahkan Gebyar IVA Test di Kabupaten Batubara dilaksanakan selama 1 minggu sejak tanggal  02-09 Juni 2022 di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan/Puskesmas. Sasarannya, ibu dan wanita usia subur usia 15-50 tahun. Hasil deteksi dini IVA Test upaya penanggulangan dan penanganan terhadap para pasien yang terdeteksi.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Russian Heri S.Sos MAP, Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir, Kapolres Batubara diwakili Kasat Binmas, AKP. Agus Ita Lestari Br Ginting SIK MSiS. Perwakilan Dandim 0208/AS, Perwakilan Ketua Persit Candra Kirana, Perwakilan Ketua Bhayangkari dan Camat se-Kabupaten Batubara(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.