Bupati Zahir Melayani Calhaj Batubara, Simalungun dan Padangsidimpuan

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat memberikan bantuan kepada calon jamaah haji.
iklan

BATUBARA.Ersyah.comBupati Batubara Ir Zahir MAP bersama istrinya ke tanah suci Mekkah sebagai Petugas Haji Daerah (PHD) dari Provinsi Sumatra Utara,akan melayani calon jemaah haji kloter 3 berasal dari Kabupaten Batubara, Simalungun dan Padang Sidempuan.

Hal itu terungkap saat Bupati bersama istrinya menghadiri manasik calon jemaah haji (Calhaj), Sabtu (4/6/22) di Aula Hotel Grand Malaka, Kecamatan Tanjung Tiram.

Calhaj asal Kabupaten Batubara yang diberangkatkan melaksanakan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M, sebanyak 130 orang dan masuk ke Asrama Haji Medan tanggal 12 Juni 2022 dan tanggal 13 Juni 2022 berangkat ke tanah suci.

Sesuai daftar sebelumnya, jumlah Calhaj Kabupaten Batubara 131 orang, namun 1 orang dibatalkan karena belum melakukan vaksin.

Pemkab Batubara melalui Kemenag telah memberikan bimbingan manasik haji menjelang keberangkatan ke tanah suci. Untuk membantu pemahaman para Calhaj saat menunaikan ibadah selama 40 hari.

Dalam kegiatan itu Bupati Zahir mengatakan, dirinya sebagai PHD Provinsi Sumatera Utara bukan sebagai PHD Kabupaten Batubara.Untuk itu ia akan melayani petugas kloter, bukan hanya dari Kabupaten Batubara, tetapi juga Calhaj dari Kabupaten Simalungun dan Kota Padangsidimpuan.

“Saya berangkat di kloter 3 dan ke asrama haji medan tanggal 12 Juni serta berangkat ke Mekkah tanggal 13 Juni. Saya menjadi Tim pendamping haji daerah provinsi, bukan hanya melayani Kabupaten Batubara saja, tapi juga Kabupaten Simalungun dan Kota Padangsidimpuan. Jadi, saya meminta kepada jemaah haji jangan perlakukan saya sebagai bupati saat di tanah suci, tapi sebagai orang yang akan melayani bapak ibu,”ungkap Bupati Zahir.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHl) Kabupaten Batubara, H. Bakhtiar Mugaza SPd MHum berterima kasih kepada Bupati Batubara yang memberikan fasilitas alat komunikasi HT selama berada di tanah suci kepada 3 orang ketua rombongan serta uang saku, rendang kepah, masker 1 kotak, dan handsanitizer ke seluruh jemaah haji asal Kabupaten Batubara.

“Terima kasih Bapak Bupati telah memberikan fasilitas kepada seluruh jemaah haji Batubara. Bantuan yang diberikan pun berasal dari dana pribadi Bupati untuk kenyamanan para Calhaj selama melakukan ibadah di tanah suci,”kata Bakhtiar.

Disebutkan, terkait tugas PHD adalah untuk membantu petugas kloter membina, melayani dan melindungi jamaah.

“Petugas ini tidak dibolehkan pulang cepat dan harus melaksanakan tugas hingga selesai waktunya,”terangnya.

Acara manasik calon jemaah haji turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Batubara, Sakoanda Siregar SAg, Kanwil Kemenag Sumut, Dr. Torang Rambe MA, Camat Tanjung Tiram dan Talawi dan peserta.(Ambarita)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.