Ditabrak Kapal Kargo Petikemas, Dua Nelayan Batubara Tewas

  • Bagikan
Foto: Warga membantu mengangkat jasad korban hendak di evakuasi kerumah masing-masing.(foto. Kasubsi Penmas Pol Batubara)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Kapal ikan tangkul kepiting KM Azmi ditabrak kapal kargo peti kemas di Perairan daerah Pantai Cermin di lintasan kapal-kapal niaga, Kamis (16/6/22) sekira pukul 10.00 Wib.

Informasi dihimpun menyebutkan, hari itu sekira pukul 06.00 Wib, Kapal KM Azmi berangkat dari Pelabuhan Pagurawan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara menuju ke laut di posisi Birub atas daerah Pantai Cermin di lintasan kapal-kapal niaga.

Usai melabuh tangkul, sekitar pukul 10.15 Wib, kapal lego jangkar sembari istirahat menunggu. Sekitar pukul 12.00 Wib, melintas sebuah kapal super kargo peti kemas yang tidak diketahui identitasnya datang dari arah Belawan, dan menabrak, hingga KM Azmi hancur dan tenggelam dan  kapal super kargo terus melaju.

Akibat dari peristiwa itu, dua Anak Buah Kapal (ABK) KM Azmi (kapal ikan jenis tangkul kepiting) warga Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara masing-masing Sutisna Als Utis (45) warga Dusun Pintu Air Desa Sidomulyo dan Mahyudin Als Sitam (37) warga Gg. PKK Kel. Pagurawan meninggal dunia.

Setelah kejadian sekitar pukul 14.00 Wib, melintas sebuah kapal boat jenis Seruwai dinahkodai Ucok (49) hendak pulang menuju ke Pantai Labu, menemukan 2 orang ABK KM Azmi, terapung setelah kapal mereka pecah,  ditabrak kapal kargo, yakni Muhammad Sukri Als Fi’i (45) dan Suherman als Sisu masing-masing warga Kel. Pagurawan.

Kedua ABK itu ditolong dan dibawa ke Pos Babinpotmar P. Labu. Disepanjang perjalanan menuju Pantai Labu kepada awak kapal boat yang menolongnya mencoba mencari 2 orang lagi ABK yang hilang yang juga korban terjadi insiden tersebut. Namun sayangnya, dalam lintasan itu, kedua korban tak berhasil ditemukan.

Dua hari setelah kejadian, pencarian terhadap dua ABK yang tenggelam. Sabtu (18/6/22) sekira pukul 05.00 Wib, korban atas nama Sutisna als Utis ditemukan disekitar lokasi kejadian dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Korban Mahyudin als Sitam ditemukan di perairan Bedage sekira pukul 12.00 Wib. Selanjutnya Basarnas Tanjung Balai dan Instansi terkait bergabung mengantarkan korban ke Pagurawan.

“Kedua korban tenggelam sudah ditemukan dan korban sudah sampai di tangkahan TPI Pagurawan dari jalur laut dengan menggunakan Sampan nelayan, dan akan dikebumikan setelah Zuhur di pemakaman umum Desa Sidomulyo. Ini hasil konfirmasi pihak Polsek Medang Deras,”terang Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK melalui Kasubsi Penmas Iptu A Sitorus.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.