UT Solusi Menjangkau Yang Tak Terjangkau

  • Bagikan
Foto: Kadisdik Kabupaten Batubara Ilyas S Sitorus saat memberikan cendramata.(ersyah/Ambarita)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik ) Kabupaten Batubara Ilyas S Sitorus  mengatakan, Universitas Terbuka (UT) adalah Universitas Negeri yang ke 45 didirikan tahun 1984 lalu dengan tujuan untuk memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi. UT juga merupakan solusi dalam layanan pendidikan tinggi bagi orang – orang yang karena bekerja atau karena alasan lain tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka. UT juga mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan perguruan tinggi lain.

“UT solusi menjangkau yang tak terjangkau,”kata Ilyas S Sitorus pada Sosialisasi Program Universitas Terbuka Medan digelar, Selasa (5/7/22) di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara Tanung Gading Sei Suka, Batubara, Sumatra Utara.

Kadisdik mengajak keluarga besar Dinas Pendidikan khususnya tenaga pendidik dan kependidikan yang belum mengikuti layanan Pendidikan tinggi atau ingin mengikuti program sertfikat untuk peningkatan kompetensi keahlian khususnya bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setara Diploma 1 (D-1), yaitu Program Sertfikat Guru Pendamping Muda Pendidikan Anak Usia Dini (PSGPM-PAUD) demikian juga halnya bagi guru-guru Sekolah Dasar. “Jadi UT sengaja disiapkan pemerintah untuk menjangkau yang tak terjaungkau, karenanya mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk kita menginkatkan kualifikasi diri,”ajak Ilyas.

Direktur UT Medan Yusyafiddin, menyampaikan salam hormat untuk Bupati Batubara yang telah memfasilitasi pertemuan ini. Kami sangat berterimakasih dipertemukan dengan perwakilan dari semua jenjang pengelola satuan Pendidikan di Kabupaten 1#Batubara. Kami UT-Medan berkomitmen terus memberikan bantuan kepada calon mahasiswa dan Mahasiswa UT untuk dapat mengikuti program peningkatan kualifikasi ini dengan sebaik-baiknya.

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat dalam hal ini UT-Medan, terus dan akan mendorong untuk cara belajar mandiri dalam banyak hal agar mahasiswa  memiliki kemampuan belajar secara mandiri secara efektif. Mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan.

UT juga memiliki Program Sertifikat berdasarkan kerjasama dengan Dirjen PAUD Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi, yang tertuang dalam MoU Nomor : 27/B.Bl.3/DN/2014 dan Nomor : 4l/UN3l/KS/2014, bertujuan meningkatkan kompetensi para Guru PAUD di seluruh Indonesia.(Ambarita)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.