IBI Batubara Diajak Menekan Angka kematian Ibu dan Bayi Serta Stunting

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP diabadikan bersama pengurus IBI Kabupaten Batubara.(foto. Diskominfo BB)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Bupati Zahir mengajak Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Batubara menekan angka kematian ibu dan bayi serta stunting.

Demikian disampaikan Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sekaligus membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-3 IBI Kabupaten Batubara masa bakti 2020-2024, Sabtu (27/8/22) di Gedung Pertemuan Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Batubara, Sumatra Utara.

Menurut Zahir, Pemerintah wajib medukung progam IBI baik ditingkat provinsi, kabupaten/kota dan di Indonesia, sebab peran bidan sangat penting.

“IBI dan semua pihak bersama-sama menekan angka kematian ibu dan anak serta stunting,”kata Zahir.

Dalam kesempatan itu, Bupati Zahir juga mengucapkan selamat HUT ke-71 IBI dan seluruh bidan di Kabupaten Batubara. Karenanya kita berharap bidan dapat menjalankan tanggung jawab salah satunya adalah menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta menekan angka prevalensi stunting di Kabupaten Batubara,

“Pemkab Batubara terus mendukung program IBI. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menekan angka kematian ibu dan bayi serta stunting,”ucap Zahir.

Kata Zahir, saat ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Batubara 18,35 persen, jadi kita perlu menurunkan sekitar 4 persen lagi agar terwujud target nasional yakni 14 persen di tahun 2024.

HUT IBI kali ini mengakat tema “Upaya Peningkatan Kesehatan Reproduksi Wanita dan Generasi Berkualitas Serta Peningkatan Kapasitas Bidan Dalam Nenghadapi Globalisasi”.

Turut hadir, Sekda Sakti Alam Siregar, Ketua PD IBI Sumatra Utara Betty Mangkuji S.ST MKeb., Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana (P2KB) Batubara drg.Wahid Khusyairi MM.

Perwakilan RSUD Batubara, Ketua PC IBI Batubara Muliana Dewi Siregar S.ST, Ketua IDI Batubara, Ketua IAKMI Batubara dan Ketua PPNI Batubara.

Sebelumnya, Ketua PC IBI Batubara,  Muliana Dewi Siregar menyampaikan, saat ini ada 600 orang bidan di Batubara memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) sebanyak 528 orang  yang aktif.

“Kami mohon dukungan dari Bapak Bupati untuk IBI Batubara agar semakin maju, sehingga dapat menurunkan angka kematin ibu dan anak termasuk saat ini stunting,”ucap Muliana.

Senada disampaikan Ketua PD IBI Sumatra Utara Betty Mangkuji,  organinasi IBI selalu memantau kualitas dan mutu bidan baik di cabang maupun di ranting.

“Apapun program dari Bupati Batubara kita dukung terus. Bapak Bupati jangan bosan-bosan memperhatikan bidan-bidan di Batubara karena saya tahu bahwa Bapak Bupati peduli,”tutup Betty.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.