Kades Batubara Study Tiru ke Bali

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir.Zahir MAP didampingi Kadis PMD Radiansyah F. Lubis diabadikan bersama saat melakukan kunjungan ke Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. (foto.Dinas PMD BB)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Batubara melakukan study tiru ke desa percontohan Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

“Tujuan study tiru ini dalam rangka peningkatan kualitas kerja para kepala desa (Kades) untuk memajukan desa di wilayah Kabupaten Batubara,”jawab Kadis PMD Batubara Radiansyah F Lubis, melalui pesan WhatsAppnya, Rabu (7/9/22).

Dijelaskan Radiansyah, rombongan para Kepala Desa tiba di Bandara Ngurarai Bali sejak Minggu (4/9/22) langsung menuju Hotel Harper Kuta Bali.

Hanya beberap saat beristirahat, dalam kegiatan study tiru tersebut, para kepala desa langsung mengunjungi beberapa lokasi, seperti Desa Kutuh yang merupakan sebuah desa yang ada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Rombongan langsung disambut, I Wayan Mudana ST sebagai Perbekel sebutan Kepala Desa yang ada di Bali dengan ramah tamah di Gedung Wantilan Rangku Kriya Mandala Desa Kutuh.

I Wayan Mudana menyampaikan, Desa Kutuh  yang dipimpinnya sudah maju dengan beberapa sektor unggulan wisata sehingga menghasilkan Pendapatan Hasil Desa (PAD) yang cukup tinggi.

“PAD kami milliaran rupiah yang kami dapatkan dari beberapa sektor Wisata, UMKM dan sektor Perhotelan yang ada diwilayah Desa Kutuh,”jelasnya.

Selain dari sektor tersebut, kegiatan BUMDes Desa Kutuh juga punya peran penting dalam mencapai PAD yang cukup tinggi.

Untuk mencapai itu semua, kata I Wayan Mudana tidak di dapatkan dengan instan, perlu kegigihan untuk bisa memajukan Desa Kutuh.

“Kata kunci untuk membangun desa dengan menerapkan 3K. Kemauan, Kemampuan dan Keberanian,”jelasnya.

Usai mendengar pemaparan itu, dilakukan tanya jawab untuk mematangkan materi dan ilmu yang didapat Kepala Desa Kabupaten Batubara untuk menambah referensi terkait kiat-kiat kemajuan yang sudah dicapai Desa Kutuh.

Selain ke Desa Kutuh, Kepala Desa Kabupaten Batubara juga mengunjungi Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Di desa itu, para Kepala Desa belajar tentang BUMDes yang  memiliki PAD miliaran rupiah.

“BUMDes Desa Tajun mengelola sarana air bersih, unit usaha simpan pinjam, unit usaha pasar desa, unit pengelolaan sampah terpadu dan sarana produksi pertanian,”jelas  Sugana, Direktur BUMDes Desa Tajun.

Sugana berharap, rombongan Kepala Desa dari Kabupaten Batubara dapat mengambil ilmu dalam mengelola usaha BUMDes yang menjadikan pemerintahan desa sukse.

“Kita study tiru ke desa percontohan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk mewujudkan desa sejahtera dan mandiri, sesuai harapan Pak Bupati Batu Bara Ir. Zahir MAP bisa terwujud,”kata Radiansyah.

Ia juga menyampaikan, saat ini kunjungi salah satunya ia bersama para Kepala Desa dan Bupati Zahir sedang berada di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Untuk meninjau berbagai program kemajuan pemerintahan di desa tersebut..(Ambarita)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.