Produk Keripik UMKM Sumut Ekspor ke Malaysia

  • Bagikan
Foto: Saat proses pengiriman produk keripik UMKM Sumut.(foto. Bari)
iklan

MEDAN.Ersyah.com l Sejumlah produk keripik olahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berasal dari  Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara (Sumut) ekspor ke Malaysia.

Presiden Permai Penang, Malaysia, Eddy Virgo disela-sela ekspor keripik H.M Yunus dari Medan, Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan, bisa membuat makanan olahan lalu menjualnya di pasaran merupakan hal biasa.

“Namun jika hasil olahan yang kita produksi bisa menembus pasar ekspor, itu baru luar biasa,”kata Eddy Virgo, Jum’at (7/10/22).

Pengiriman keripik ekspor dari Medan  di sambut baik Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono, di wakili Deden Muhamad Fajar Shiddiq, Atase Imigrasi Anton Helistiawan, Sekretaris Fungsi Ekonomi Muhammad Arief, beberapa waktu lalu dari Terminal Gabion Belawan dengan tujuan Port Klang, Malaysia.

Pelepasan 2 kontainer keripik dan makanan olahan dihadiri Ketua TP PKK/Dekramnasda Sumut Ny Nawal Lubis yang juga istri Gubernur Sumut, Kadin Sumut dan sejumlah Instansi terkait.

Keripik akan tiba di kantor perwakilan H.M Yunus di Taman Industri Alam Jaya Shah Alam, Malaysia.

H.M Yusnus warga asal Medan tersebut mengawali usaha keripik ubi, keripik pisang, jagung dan melinjo yang keseluruhannya merupakan hasil produksi UMKM di Kabupaten Deliserdang.

“Kita patut berbangga atas kerja Pak Yunus yang berhasil membawa produk makanan olahan Sumut menembus pasar ekspor Malaysia. Tingginya permintaan ini secara otomatis akan meningkatkan pendapatan ekonomi warga Sumut,”kata Eddy Virgo.

Dijelaskan, sumber alam Indonesia kaya berlimpah, seperti dikumandangkan dalam lagu koesplus berjudul ‘Kolam Susu’, Tongkat Kayu dan batu jadi tanaman. Jelas sekali mengisahkan betapa bersyukurnya kita dilahirkan dibumi dengan Alam yg makmur nan subur.

Sosok seperti Pak Yunus kita perlukan bisa mempromosikan pruduk Indonesia ke manca negara, ketika di acara penyambutan dua kontainer yang tiba di malaysia, beliau juga anthusias menghadiri acara dibawah terik matahar.

“Kami sebagai putra Sumut prestasi Pak Yunus patut dibanggakan. saya salut !, makanya sengaja datang untuk mendukung,”ujar Eddy Virgo yang juga perwakilan Pemko Medan di Penang.

Kata Eddy Virgo, bayangkan, dua peti kemas perbulan, berapa keluarga didaerah telah terbantu dan berapa lapangan kerja tercipta serta ekonomi daerah terdongkrak dan devisa negara bertambah.

“Pak Yunus orangnya rendah hati, juga dikenal suka beramal dengan mendirikan Tahfidz Qur’an dan Yatim Yusma Yatana di Kota Datar Hamparan Perak,”sebutnya.

Saat diri berkunjung di ke Center Permai Penang, Bukit Jambul, Pak Yunus  di sambut sejumlah pengurus di antaranya, Khozaeni dan Agung Priatin. Pak Yunus bilang kalau Permai Penang siap menjadi distributor produk.

“Bahkan dalam kesempatan itu, Khozaeni juga meminta kepada Pak Yunus untuk menjadi anggota dewan Kehormatan Permai Penang dan sudi menjadi mentor entrepreneur kepada teman-teman yang ada di malaysia.”terang Eddy Virgo.(redaksi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.