DAERAH  

Dishub Batubara Launching e-Parkir dan e-KIR

Foto: Berlin Hutabarat, Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Batubara.

BATUBARA.Ersyah.com l Dinas Perhubungan Kabupaten Batubara uji coba penerapan sistem parkir elektrik,  program e-Parkir dan e-KIR pengujian kendaraan bermotor dilaksanakan dalam rangka implementasi transaksi non tunai.

“Hari ini kita launching, Senin (17/10/22) kita mulai di tiga kecamatan lokasi Bank Sumut,”ujar Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Batubara Berlin Hutabarat, Jum’at (14/10/22) saat launching e-Parkir dan e-KIR di Kantor Cabang Bank Sumut Limapuluh, Batubara, Sumatra Utara.

iklan

iklan

Tiga lokasi uji coba sistem parkir elektronik itu menurut Berlin adalah, parkir Bank Sumut Limapuluh, Kecamatan Lima Puluh Kota, Parkir Bank Sumut Indrapura Kecamatan Air Putih dan Bank Sumut Tanjung Tiram Kecamatan Tanjung Tiram.

iklan

Diberlakukannya sistem parkir elektronik untuk menghindari adanya pungutan liar demi meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelayanan terhadap masyarakat.

Harapannya dengan adanya program yang bekerjasama dengan Bank Sumut selaku fasilitator, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Setelah terselenggaranya e-Parkir dan e-KIR tidak ada lagi peredaran uang, retribusi akan langsung masuk ke kas daerah, karena transaksi pembayaran e-Parkir menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),”kata Berlin.

Dijelaskan, dalam uji coba itu,  juru parkir dilibatkan dari pegawai Dinas Perhubungan, dan secara bertahap juru parkir yang ada akan bekali dengan pelatihan sistem parkir elektronik.

“Launching pembayaran retribusi parkir Qris dan pembayaran pengujian kendaraan bermotor non tunai ( Sumut Mobile/ ATM), ini membawa manfaat bagi semua,”terang Berlin.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Sumut Limapuluh, Teddy Pribadie mendukung sistem pembayaran retribusi uji kendaraan bermotor (KIR) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batubara. Sebelumnya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan  dalam transaksi nontunai.

“Bank Sumut terus melakukan terobosan serta inovasi dalam meningkatkan pendapatan daerah. Seperti, peluncuran program e-Parkir dan e-KIR hari ini,”ungkap Teddy.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *