KPU Sosialisasi Keanggotaan Partai Politik Batubara

Foto: Komisioner KPU Batubara saat sosialisasi.

BATUBARA.Ersyah.com l Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batubara M Amin Lubis membuka sosialisasi verifikasi faktual pengurus dan keanggotaan Partai Politik, Jum’at (14/10/22) di Aula Hotel Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

M Amin Lubis menyampaikan, kegiatan yang digelar sangat penting mengingat tahapan Pemilu sudah berjalan dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sosialisasi Peraturan Komisi peilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik peserta pemilu anggota DPR, DPRD serta pengenalan singkat Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Sesuai keputusan KPU 260 tahun 2022 dan telah beberapa kali dilakukan perubahan, terakhir dengan keputusan KPU Nomor 384 tahun 2022 tentang petunjuk teknis bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Tahapan demi tahapan Pemilu sudah mulai dilaksanakan. Salah satunya tahapan sosialisasi verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik Calon peserta pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari ini,”ujarnya.

M Amin Lubis juga menjelaskan, amanat Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan putusan Mahkamah Kontitusi (MK) Nomor 55 tahun 2020 maka KPU perlu mensosialisasikan putusan MK tersebut kepada seluruh partai politik calon peserta pemilihan umum tahun 2024.

“KPU Kabupaten Batubara telah menandatangani berita acara verifikasi administrasi perbaikan Partai Politik yang akan sudah mendaftar di kantor KPU beberapa bulan lalu,”ungkap Amin.

Sementara itu, Devisi Teknis KPU Batubara Erwin.S.Sos menjelaskan, sosialisasi dibuat untuk persiapan tahapan verifikasi faktual yang dimulai tanggal 15 Oktober 2022, tentunya sangat penting agar pengurus partai politik dan anggota partai politik yang sudah terapluod dalam SIPOL akan dilakukan uji dalam bentuk faktual di lapangan.

“Kami berharap, peserta sosialisasi ini dapat dengan cermat mengikuti kegiatan hingga selesai agar dimengerti dan dapat dijalankan dengan baik,”pinta Erwin.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan