KPU Batubara Verifikasi Faktual Anggota Partai Politik

Teks Foto : Plh Ketua KPU Batubara Erwin saat melakukan Verfak keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, didesa Pulau Sejuk Rabu (19/10/22).

Batubara, Ersyah.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Batubara menggelar verifikasi faktual terhadap sembilan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Diketahui, sembilan partai politik itu sebelumnya lolos dalam tahapan verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU RI.

”dari tanggal 16 Oktober sampai dengan tanggal 4 November KPU Kab Batubara melakukan verifikasi faktual dimana tanggal 16-17 kami melakukan Verifikasi Kepengurusan Partai politik, dan hari ini sampai tanggal 4 november kami melakukan verifikasi factual keanggotaan partai poltik, ujar Erwin

iklan

iklan

Semalam kami sudah menyisir semua desa yang ada di kecamatan Lima Puluh dan hari ini, focus kami dikecamatan datuk Lima Puluh dan akan berlanjut hingga di 12 kecamatan se Kab Batubara. Ujar Erwin Koordinator Devisi Teknis KPU Batubara di sela sela kegiatan Verifikasi Faktual di Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh Kab Batubara, Rabu (19/10/22), kepada awak media ini.

iklan

Erwin menjelaskan KPU Batubara dalam melakukan  verifikasi factual keanggotaan di bagi menjadi lima tim, dan Parpol yang di factual sebanyak 9 parpol non parlemen yang lulus verifikasi  administrasi hal ini berdasarkan surat Pengumuman KPU RI nomor 9/PL.01.1.Pu/05/2022 bertanggal 14 oktober 2022.

Dan kegiatan verifikasi factual bertujan untuk mencocokan data KTP EL dan KTA anggota partai politik pada isian Sipol pada vermin yang lalu  dan mendatangi satu persatu anggota parpol dikediaman masing-masing,

Dari semalam kami menumukan ada sejumlah masarakat yang merasa namanya di catut oleh pengurus partai politik dan baru tau dirinya terdafar, disini kita akan memberikan surat pernyataan kepada masyarakat untuk ditanda tangani, yang intinya mereka merasa tidak mau terdaftar sebagai anggota partai Politik.

Dan dalam kegiatan Verifikasi Faktual ke anggotaan ini, tentu kami selalu di dampingi oleh bawaslu dalam menjalankan fungsi pengawasannya.red

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *