Porprovsu Ke- XI, Bupati Labura: Selamat Bertanding Atlet Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Foto: Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM saat menghadiri pembukaan Porprovsu tahun 2022.(foto.Dikominfo))

MEDAN.Ersyah.com l Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) ke-XI tahun 2022, Sabtu (29/10/22) di GOR Dispora Sumut.

Pembukaan itu turut dihadiri Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM bersama Wakil H Samsul Tanjung ST MH, Sekda H Muhammad Suib SPd MM dan beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Labura.

iklan

iklan

Hendriyanto menyampaikan sangat bersyukur bisa menghadiri langsung pembukaan Prorprovsu yang diselanggarakan KONI Sumatera Utara.

iklan

“Selamat bertanding atlet terbaik Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Tunjukkan semangat kalian sebagai perwakilan Kabupaten Labura,”ungkap Bupati memberikan semangat.

Ia juga mengatakan agar para atlet perwakilan dari Labura untuk terus bersemangat dan selalu menjaga sportifitas dalam setiap pertandingan.

“Semoga atlet-atlet kita bisa menampilkan performa terbaik mereka sehingga berhasil pulang sebagai juara,”harapan Bupati Hendriyanto.

Sebelumnya Gubsu Edy menyampaikan, Porprov 2022 menjadi ajang penting bagi Sumut dalam melanjutkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama Aceh.

“Porprov selayaknya diselenggarakan untuk PON. Porprov XI ini istimewa, karena PON ke-21 pada November 2024 dilaksanakan di Aceh dan Sumut,”ujarnya.

Gubsu Edy, Porprov yang digelar sebagai wadah persaingan bagi atlet menjadi yang terbaik untuk mewakili Sumut di kancah nasional hingga internasional.

“Porprov merupakan multi event empat tahunan antar kab/kota se-Sumut. Olahraga ini dipersiapkan tiga tahun ke belakang dalam rangka menyambut PON,” sebutnya.

Kata Edy, prestasi Sumut sepatutnya berada pada 5 besar, mengingat jumlah populasi yang besar setelah 3 provinsi Pulau Jawa. Seperti, Jawa Barat urutan pertama, Jawa Timur kedua dan Jawa Tengah posisi ketiga dan Sumut dengan populasi mencapai 19 juta lebih jiwa.

“Harusnya (prestasi) Sumut berada di 4 dari 37 provinsi di Indonesia. Namun, ini sangat tergantung motivasi kita semua. Dari sini saya bisa melihat, motivasi bupati dan wali kota dalam membesarkan kebanggaan Sumut yang kita cintai ini melalui Porprov,” kata Edy.

Ia mengingatkan, pelaksanaan Porprov 2022 tersebut, para atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas dan wasit agar bertindak sesuai aturan pertandingan dan bersikap adil sebagai pengadil pertandingan.

“Sportifitas pastikan kalian bisa, karena kalian adalah orang-orang hebat. Para wasit, lakukan yang terbaik dan objektif. Jangan merusak jiwa olahraga para atlet,”tukas Edy.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno mengatakan, Porprov Sumut merupakan awal dari persiapan kontingen Sumut menuju PON 2024 mendatang. Sumut kiranya harus mampu memperbaiki prestasi dari PON sebelumnya.

“Saya dan kita semua ingin Sumut mampu menunjukkan prestasi terbaik. Paling tidak mampu meningkatkan prestasi dari PON Jabar dan Papua lalu,”harapnya.

Kata Edy lagi, Porprov Sumut 2022 yang hanya mempertandingkan 17 cabor masih jauh dari jumlah yang akan dipertandingkan pada PON 2024 mendatang yang mencapai 65 cabor. Hal ini menjadi peluang besar bagi Sumut untuk meraih prestasi lebih baik dari PON Papua 2021.

 

“Di PON nanti itu mencakup 65 cabor. Sehingga Sumut berpeluang mengikuti semuanya tanpa kualifikasi. Ini pekerjaan berat KONI Sumut dan jajaran untuk mempersiapkannya,”beber Suwarno.

Amatan dilokasi pembukaan Porprov 2022 ini ditandai dengan defile 32 kontingen, penyalaan obor dan peresmian maskot, logo dan tagline Sumut untuk PON 2024.

Kegiatan Porprovsu diikuti sebanyak 3.004 atlet dari 32 kabupaten/kota ambil bagian dalam 17 cabang olahraga yang dipertandingkan dan  berlangsung sejak 29 Oktober-5 November tahun 2022.(f.sinaga)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *