Kapolres dan Kapolsek Door to Door Beri 200 Paket Sembako ke Warga Dampak Luapan Air Sungai

  • Bagikan
Foto: Kapolsek Labuhan Ruku AKP Ferry Kusnadi SH MH saat memberikan bantuan kepada warga korban luapan air sungai.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Curah hujan tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan air sungai yang ada diwilayah Kabupaten Batubara meluap. Sehingga menggenangi pemukiman warga yang berada di dataran rendah.

Seperti daerah Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Nibung Hangus.

Pasca peristiwa tersebut, Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK,pejabat utama (PJU) dan Kapolsek Labuhan Ruku AKP Ferry Kusnadi SH MH, Wakapolsek Iptu Ahmad Fahmi SH bergerak cepat menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada korban dampak luapan air sungai, Senin (7/11/22).

Kapolres bersama personil langsung door to door mendatangi rumah warga yang kurang mampu untuk menyerahkan bantuan.

Sembako yang diberikan berupa beras, minyak goreng dan mie instan disalurkan kepada masyarakat terdampak di tujuh desa.

Di antaranya, Desa Perkebunan Sei Balai, Desa Kwala Sikasim, Desa Mekar Baru, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sei Balai. Desa Sei Mentaram, Desa Tanjung Mulia, Desa Pematang Rambai, Kecamatan Nibung Hangus.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengharapkan masyarakat untuk tetap waspada ketika terjadi luapan air sungai dan melakukan evakuasi guna meminimalisir timbulnya korban jiwa.

Foto: Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK berasama personil berjalan mengarungi air memberikan bantuan kepada warga.(ersyah/01)

“Kondisi saat ini musim penghujan, masyarakat diminta selalu waspada akan bahaya bencana alam. Karena bencana alam tidak dapat diprediksi atau ditebak sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan,”katanya AKBP Jose DC Fernandes SIK.

Kapolsek Labuhan Ruku AKP Ferry Kusnadi SH MH menyampaikan, bakti sosial (Baksos) terhadap warga yang tertimpa musiba terdampak banjir. Air yang meluap dari berbagai sungai masuk menggenangi ratusan pemukiman warga, merendam lahan persawahan.

“Air ini dari sungai Simalungun dan Asahan masuk ke sungai Kabupaten Batubara khususnya dua kecamatan yang terdampak luapan air, Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Nibung Hangus,”ujarnya.

Ferry Kusnadi, dari dua kecamatan itu terdapat ada tujuh desa yang terdampak.

“Desa Tanjung Mulia sekitar 300 kepala keluarga (KK) lebih terdampak. Desa Sei Mentaram, Desa Sidomulyo dan Desa Pematang Rambai, dan seluruhnya ada tujuh desa,”terang Ferry.

Menjawab wartawan jumlah paket yang diberikan. Ferry, kami bersama bapak Kapolres Batubara, warga dan BPBD Kabupaten Batubara, personil Kodim 0208/As membantu meringankan beban masyarakat, memberikan beras, minyak goreng dan mie instan dengan total 200 paket.

“BPBD juga membuat tenda untuk dapur umum warga, yang pada intinya kita dari Polsek Labuhan Ruku mobilisasi giat patroli rutin untuk menjaga keamanan terhadap rumah -rumah penduduk yang terdampak banjir. Selalu berkoordinasi dengan petugas terkait untuk melaporkan situasi terkini sehingga penanganan cepat dan tepat,”tutur Ferry.

Selain itu masyarakat juga dihimbau agar mengungsi ditempat yang telah di siapkan pemerintah daerah Kabupaten Batubara.

Sejumlah warga penerima bantuan berterima kasih kepada Kapolres Batubara dan jajaran Polsek Labuhan Ruku yang telah peduli atas musiba warga terdampak luapan air sungai.

“Kejadian ini hampir tiap tahun kami alami dan belakang ini memang curah hujan sangat intens,”ungkap Pribadi.

Selama kegiatan berlangsung dari awal hingga berakhir situasi dalam keadaan aman dan kondusif.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.