43 Siswa Saka Dirgantara Latihan Penggunaan Senjata SS 1 V-1

  • Bagikan
Foto: Siswa Dirgantara saat menerima pelatihan menggunakan senjata laras panjang jenis SS 1 V-1.(foto. Danlanud Had)

KALBAR.Ersyah.com l Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri memberikan pelatihan kepada 43 orang siswa Dirgantara, pengenalan dasar Pengunaan Senjata laras panjang jenis SS 1 V-1.

Sesuai pesan WhatsApp Danlanud Harry Hadisoemantri, Letkol Nav W.P. Pujo Wahono SH M.Han, diterima ersyah.com, Jum’at (11/11/22) menyampaikan, para siswa dilatih dengan peluru hampa yang dipimpin  Lettu Tek Ipang bertempat di Lapangan Tembak Lanud Had, Kec. Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (8/11/22).

Letkol Nav W.P. Pujo Wahono selaku Ketua Majelis Pembina Pramuka Saka Dirgantara Lanud HAD turut gembira melihat anggota Saka Dirgantara semangat dalam berlatih.

“Saka Dirgantara adalah organisasi kepramukaan yang dimiliki TNI AU, karena itu Pramuka Saka Dirgantara ada di setiap Lanud di seluruh nusantara, diilihat dari keberadaannya, berada di dalam instansi militer,”ujarnya.

Selain itu kata Danlanud, seluruh anggota Pramuka Saka Dirgantara terhubung erat dengan TNI AU dan sudah barang tentu di benak masyarakat sekitar terutama masyarakat sipil, menilai bahwa siswa-siswi atau adik-adik pramuka yang tergabung dalam Saka Dirgantara, mendapat pelatihan dan pelajaran yang berhubungan dengan dunia kemiliteran.

“Mereka berlatih semi militer di sini mempunyai maksud dan tujuan, untuk membentuk karakter seseorang, terutama karakter para anggota Saka Dirgantara, agar mereka dapat mengimplementasikan disiplin dalam kehidupan sehari-hari,”tulis Letkol Nav W.P. Pujo.

Lettu Tek Ipang selalu memberikan himbau kepada siswa untuk tidak main-main dan becanda saat memegang senjata meskipun dalam keadaan kosong. Serta diminta untuk ikuti perintah yang diarahkan Instruktur agar tidak terjadi Accident maupun incident “Utamakan Safety “, sebelum pelaksanaan menembak dengan peluru hampa.

Para siswa-siswi Saka Dirgantara di perkenalkan cara pemakaian senjata dan sikap penggunaan senjata mulai dari sikap tiarap, duduk/jongkok dan berdiri.

Kita berharap siswa-siswi Saka Dirgantara yang mengikuti 43 orang ini mampu menyerap seluruh pelajaran yang berhubungan dengan dunia kemiliteran,”harapan Lettu Tek Ipang.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.