Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana

  • Bagikan
Foto: Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH bersalaman dengan Dandim 0209 /LB Letkol Inf M Faisal Rangkuti usai upacara.(foto. Diskominfo Labura) 
iklan

LABURA.Ersyah.coml Upacara pembukaan latihan penanggulangan bencana alam Korem 022/PT tahun 2022 dipimpin Wakil Bupati Labura, Selasa (22/11/22), di Halaman Kantor Bupati Labura, Sumatra Utara.

Turut hadir Dandim 0209/LB Letkol Inf M. Faizal Rangkuti, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, Sekda Labura H. Muhammad Suib SPd MM, Kepala OPD, perwakilan Kodim 0203 Langkat, Kodim 0204 Deli Serdang, Kodim 0207 Simalungun, Kodim 0208 Asahan, Kasi Intel Korem, Pabanda OPS  ( Aswas Dallat), Perwira Korem 022/PT, Perwira Kodim 0209, Staf Ahli Langkat dan seluruh Kepala BPBD se  wilayah Pantai Timur.

Wakil Bupati (Wabup)Labura H. Samsul Tanjung ST MH selaku inspektur membacakan sambutan Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolenel Inf. Luqman Arief SIP menyampaikan, saat ini ketahui bersama bahwa bencana alam merupakan suatu peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan kerugian bagi semua, baik harta benda maupun jiwa. Untuk itu dalam penanganan diperlukan langkah yang cepat, tepat dan terintegritas, sehingga bencana alam dapat tertangani dangan optimal, mulai tahap prabencana mitigasi dan pasca bencana.

“Perubahan iklim yang ekstrim saat ini, dimana sering terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang, dapat menimbulkan ancaman terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Ini tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan yang timbul dimana saja secara mendadak,”ujar Wabup.

Menurutnya, untuk memilihara kesiapsiagaan itu, maka hari ini melakukan latihan sampai beberapa hari ke depan, ini sebagai bentuk upaya dalam rangka mempersiapkan diri dan satuan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Selain itu, latihan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.

Melalui latihan diharapkan terwujudnya suatu konsep strategis penanggulangan bencana dengan membangun pola kerjasama terpadu dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya.

“Mengingat itu, pentingnya latihan ini, saya harapkan kepada penyelenggara  maupun peserta pelatih, agar memberikan materi-materi latihan dan tugas- tugas serta terget-target operasi yang realitas sesuai dengan tuntunan tugasnya secara kreatif dan inovatif dan berjalan dengan baik,”pinta Wabup Samsul.(f.sinaga)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.