Listrik Gratis Kementerian ESDM, Sumut 5600, Batubara 461 Rumah

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP peresmian dan pelayanan pertama porgam BPBL, di Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram.(foto. Diskominfo BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Peluncuran program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) di Kabupaten Batubara merupakan yang pertama di Provinsi Sumatra Utara.

Sekretaris Direktorat Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menyampaikan, program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) berasal dana APBN tahun 2022 untuk 80.000 rumah tangga tidak mampu dan belum dialiri listrik PLN di seluruh Indonesia.

iklan

iklan

“Sumatra Utara sebanyak 5.600 rumah tangga tidak mampu yang menerima BPBL dan disebar di 25 kabupaten/kota,”kata Ida Nuryatin

iklan

Sesuai rilis Dinas Kominfo Kabupaten Batubara diterima ersyah.com, Minggu (4/12/22), peluncuran program BPBL ini ditandai dengan penyalaan saklar di meteran listrik oleh anggota Komisi VII DPR RI Nasril Bahar, pemasangan stiker dan penginputan token listrik oleh Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Sabtu (3/12/22) di Desa Sukamaju, Kecamatan Tanjung Tiram.

Bupati Batubara Zahir menyampaikan apresiasi kepada Nasril Bahar yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Batubara untuk mendapatkan manfaat kelistrikan dan saat ini sudah mendapatkan 461 rumah.

“Alhamdulillah program ini sangat membantu pemerintah daerah terutama terhadap pelayanan energi listrik, dan kita mendapat hampir 550 titik meteran baru, terima kasih Pak Nasril yang telah membawa aspirasinya penerangan listrik di Batubara,”kata Zahir.

Ia berharap melalui program tersebut dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan membuka usaha produktif. Karenanya Kepala Desa di Kabupaten Batubara diminta untuk mendata warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan instalasi listrik agar penyaluran listrik ke rumah warga dapat dilakukan secara merata.

Sementara itu menurut Nasril Bahar, program BPBL merupakan aspirasi masyarakat Indonesia khususnya di Sumatra Utara. Sehingga sangat diperjuangkan untuk membantu masyarakat kurang mampu menjadi masyarakat yang mandiri, tumbuh ekonomi dan mendapatkan layanan kelistrikan sendiri tanpa harus menumpang ke tetangga.

“Semoga BPBL gratis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini bisa membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Batubara,”ungkap Nasril.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *