Prajurit TNI AU HAD Dilatih Ground Handling Metode Alpine Paralayang

Foto: Prajurit TNI AU HAD saat mengikuti latihan Paralayang.

KALBAR.Ersyah.com l Prajurit Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri (HAD) mengikuti pendidikan dan Latihan (Diklat) Paralayang di runway Lanud HAD Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bangkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Danlanud HAD Letkol (NAV) WP Pujo Wahono melalui pesan WhatsApp nya diterima ersyah.com, Minggu (4/12/22) menyebutkan, materi ilmu dasar ground handling metode Alpine Paralayang dibawah instruksi pelatih Syamsul Hadi dan Haris sebagai instruktur fasi paradigling/paralayang Pempov Jatim. Peserta diklat sebanyak 10 orang.

“Materi ilmu ini meliputi pengenalan teori dasar terkait meteorologi (cuaca dan angin), pengenalan perlengkapan (harnest dan parasut) dan melaksanakan ground handling (alpine),”sebutnya.

Sementara itu, Syamsul Hadi menjelaskan, ground handling dilakukan di darat setelah gerakan dasar dikuasai, selanjutnya harus dilakukan peserta mempelajari teknik-teknik bagaimana mengendalikan payung dan mengukur akurasi mendarat.

Latihan dasar ini untuk melambungkan parasut sebelum melakukan first jump dan take off, dimana ground handling bagi pemula biasanya dilakukan di lapangan, itu pun latihannya dibantu instruktur atau para senior.

“Pilot yang sudah mahir dalam hal memainkan paralayang, di awal latihan seringkali menggunakan parasut yang lebih ringan untuk para pemula,”tulis WP Pujo Wahono.

Ia berharap melalui pelatihan, peserta Diklat Paralayang mengerti dan memahami materi yang telah diberikan, serta dapat memperagakanya satu persatu dengan baik dan benar.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan