Dirakerda dan Workshop SMSI Batubara, Bupati Usulkan Asuransi Wartawan

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Ketua SMSI Sumatra Utara Heris J Napitupulu saat membuka rakerda dan workshop.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP membuka secara resmi rapat kerja daerah (Rakerda) dan Workshop yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Batubara, Kamis (8/12/22) di Aula Kantor Bupati Batubara, Sumatra Utara.

Kegiatan mengangkat tema Peningkatan Mutu dan Kinerja Media di Kabupaten Batubara.

Bupati Zahir menyampaikan, pentingnya peran media bagi pemerintah. Bahkan, segala bentuk kebijakan pemerintah sampai ke masyarakat atas peran media yang memberikan informasi secara luas.

“Kami ketika mau membuat inovasi dan tidak sampai kepada masyarakat, berat juga rasanya tanpa ada media dan jurnalis, kami butuh. Dunia ini sunyi tanpa ada media, jadi harus berkembang dan hadir ditengah masyarakat. Tentu dalam media juga¬† ada yang mendukung pemerintah ada juga media yang mengkritik pemerintah, tergantung angin. Kalau anginnya baik ya baik, kalau tidak ya tidak. Bagi saya itu adalah sebuah kritik membangun. Kalau kita tidak tau siapa kita. Kita tidak bisa memperbaiki, kalau kita tidak tau apa yang kurang dari mana kita ngerti, media menjadi penyambung itu,”katanya.

Zahir, mengharapkan berita yang dilahirkan media tidak hoax, sipatnya tidak dari kata orang, berita dibuatnya sendiri. Mudah mudahan kedepannya dengan ada nya kompensasi wartawan maka bisa bersinergi.

“Mudah mudahan dengan regulasi yang sudah di buat, ini bisa menjaga citra wartawan, menjaga wibawa dari berita yang disampaikan. Apa lagi nanti di tahun 2024, kita masuk ditahun politik yang, ya macam-macam, tapi saya berharap, di Batubara ini ya, kita atur,”ungkap Bupati.

Ia juga mengatakan, pemerintah tidak bisa membangun kalau media tidak mendukung. Tidak juga bisa membangun kalau investasi  terhambat dengan adanya berita- berita miring, sebab tidak baik bagi pembangunan. Diharapkan dengan adanya Rakerda dan Workshop ini, bisa menjadikan para anggota SMSI yang ada di Kabupaten Batubara menjadi anggota profesional.

“Melalui Rakerda dan Workshop ini saya berharap para peserta mengikuti mengambil ilmu dari para narasumber, sebab ini kegiatan yang baik untuk wartawan mau media. Kami pemerintah daerah Kabupaten Batubara berterima kasih atas kegiatan yang di buat SMSI. Saya punya rencana untuk wartawan yang telah terdaftar, wartawan yang telah terprifikasi dan tersertifikasi untuk memberikan jaminan perlindungan pekerjaan ditanggung pemerintah daerah tahun 2023,”janji Bupati.

Lanjut Zahir, terutama wartawan yang telah terdaftar di Dinas Kominfo Batubara diberikan asuransi jaminan pekerjaan. Wartawan juga bekerja menggunakan kendaraan yang selalu berhadapan dengan kecelakaan.

“Saya minta Dinas Kominfo segera melakukan pendataan, sehingga dalam waktu beberapa minggu ini data bisa masuk ke pemerintah, dan tahun 2023 dana bisa diberikan. Bila ada yang mengalami kecelakaan kerja bisa terbantu untuk kebutuhannya,”tutup Bupati Zahir.

Hadir dalam kegiatan, Ketua SMSI Sumut Heris J Napitupulu, Praktisi Pres Sumut Zulfikar Tanjung beserta pengurus SMSI Sumut.

Kejari Batubara diwakili Kasi Intel Doni Irawan Harahap, Kapolres Batubara diwakili Kanit Tipidter Iptu J Sitorus SH, Sekretaris Diskominfo Zulkarnain, Ketua PWI Batubara Alpian MHi, Ketua JMSI Batubara diwakili Sekretaris Subari, Ketua DPC PJS diwakili David Sirait dan Eka.

Ketua SMSI Batubara Yaser Hambali SE, Bendera Burhan SPd dan seluruh pengurus serta anggota SMSI Batubara.

Sementara itu, Ketua SMSI Batubara Yaser Hambali SE melalui rakerda dan workshop pemilik media lokal yang ada dapat mengambil ilmu yang disampaikan para nasumber.

“Kita media ini bisnis. Karenanya kita harus bisa menciptakan prodak media kita untuk menciptakan daya tarik tersendiri bagi pembaca. Mari kita jadikan media dan wartawan yang bekerja menjadi profesional,”ajak Hambali.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.