Inalum Bantu 6 Homestay

  • Bagikan
Foto: Vice President CSR/TJSL PT Inalum (Persero) bersama Bupati Toba Poltak Sitorus saat menyerahkan plakat bantuan secara simbolis.(foto. Humas PT Inalum)

BATUBARA.Ersyah.com l PT Inalum (Persero) memberikan banyak kontribusi nyata dalam mendukung pengembangan wisata Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Melalui program CSR/TJSL membemberikan bantuan fasilitas kepada masyarakat pemilik 6 homestay di Kecamatan Tampahan kabupaten Toba.

Bantuan berupa spring bed,bantal, sprei, selimut, lemari, kain gorden, teko listrik, handuk dan peralatan mandi.

Vice President CSR/TJSL Inalum Zainudin Iqbal, Kamis (26/1/23) menyebutkan, batuan fasilitas diberikan salah satunya Homestay Pokdarwis Martabe Desa Meat pada Selasa 24 Januari 2023 kemarin.

Desa itu terletak dipinggiran Danau Toba dan diapit pegunungan yang hijau. Selain itu menyuguhkan pemandangan alam yang asri, Danau Toba, persawahan, budaya, kerajinan tenun ulos dan juga menyediakan homestay penginapan untuk tamu.

“Rencana pemberian bantuan ini sudah di diskusikan dan dirancang bersama dengan pihak Kemenparekraf RI sejak bulan Maret tahun lalu. Fasilitas yang diberikan ke pengelola homestay ini diharapkan dapat mendukung penyambutan bagi para wisatawan pada kegiatan F1H2O dan kegiatan lainnya. Ini suatu kebanggaan pihak BUMN untuk bisa membantu pengembangan daerah kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di sekitar Danau Toba,”ujar Zainudin.

Ia berharap event F1H2O, bukan hanya pariwisata Danau Toba saja yang dikenal,tetapi termasuk kuliner-kuliner dan produk UMKM serta budaya batak yang dikenal wisatawan lokal dan mancanegara.

“Saya titip kepada Pokdarwis kiranya fasilitas yang diberikan dapat di jaga dan dirawat dengan baik. Sebelumnya,  pada Bulan Desember 2022 yang lalu, melalui program Sinergi 9 BUMN di 10 desa wisata Danau Toba dari Kementerian BUMN, Inalum ditunjuk sebagai leader untuk program sinergi 9 BUMN ini. Inalum memilih Desa Meat sebagai wisata dan memberikan bantuan berupa seragam sanggar tari dan ampiteater,”terang Zainudin.

Acara serah terima bantuan turut dihadiri, Bupati Toba Poltak Sitorus, Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau Kemenparekraf RI, Agus dan Andi Marpaung. Kepala Desa Meat, Janri M Simanjuntak, Asisten Perekonomian Jonni D.P.Lubis, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ganyang Situmorang, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Tulus Hutabarat, Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora dan warga Pokdarwis pemilik Homestay.

Sementara itu, Kemenparekraf RI, Agus didampingi Andi Marpaung mengatakan, pengembangan pariwisata ini merupakan komitmen dari Kemenparekraf dan kepada Inalum kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya.

“Dengan kegiatan F1H2O semoga membawa dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat kawasan Danau Toba,”ucapnya.

Bupati Toba Poltak Sitorus berterima kasih kepada Inalum yang sudah berbuat banyak melalui program CSR/TJSL. Ia juga berharap perusahaan BUMN itu terus aktif membina UMKM dan pelaku ekonomi kreatif lokal hingga menjadi mandiri.

Janri M.Simanjuntak mewakili penerima bantuan Pokdarwis mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Toba dan PT Inalum.

“Kami warga pelaku wisata homestay di Desa Meat sangat berterimakasih. Mari kita hargai dan dukung program pemerintah untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan memajukan wisata Danau Toba,”tutupnya.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.