WHO Tetapkan Indonesia Bebas Polio Sejak Tahun 2014

Foto: Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE menyaksikan penandatanganan pernyataan bersama Sub Pin Polio.(foto. Diskominfo BB)
iklan

MEDAN.Ersyah.com l Pembukaan Advokasi dan Sosialisasi Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digelar, Selasa (7/2/23) Ballroom Grand City Hall, Jalan Balai Kota No.1, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho menyampaikan, dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintah dan masyarakat, sangat diperlukan agar cakupan pelaksanaan Sub PIN Polio mampu mencapai 95% di Sumut.

Langkah itu dilakukan untuk melindungi anak-anak Sumut dari penyakit Polio, yang dapat dicegah dengan imunisasi.

iklan

“Melalui pertemuan ini saya mengajak seluruh Bupati/Walikota se-Sumut turut menyukseskan Sub PIN Polio pada 13 Februari – Maret 2023,”pinta Edy

Dalam arahan tertulis Gubsu juga menyebutkan, WHO telah menetapkan Indonesia bebas polio sejak tahun 2014. Namun pada November 2022 ditemukan kasus polio (virus polio VDPV tipe 2) di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, sehingga perlu dilakukan Outbreak Response Immunization (ORI) bagi anak-anak usia 0 – 59 Bulan.

Hadir dalam kegiatan, Direktur Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Dirjen P2P Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu, Ketua TP PKK Sumut Ny. Nawal Edy Rahmayad bersama pengurus, Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny Hj Maya Indriasari Zahir bersama anggota dan seluruh Bupati/Walikota serta pengurus TP PKK se Sumut.

Direktur Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Dirjen P2P Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, Sub PIN Polio di Sumut yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut temuan kasus polio di Pidie Provinsi Aceh.

“Sesuai arahan dari WHO dan para ahli tidak cukup hanya penanganan di wilayah terjangkit polio, tetapi juga perlunya antisipasi di wilayah terdekat,”ungkapnya. Sembari berharap capaian Sub PIN Polio di Sumut bisa mencapai 95%, seperti keberhasilan cakupan vaksinasi Covid-19 di Sumut.

Ny Nawal Lubis mengajak seluruh Ketua TP PKK di Kabupaten/Kota juga turut andil menyukseskan Sub PIN Polio hingga pelosok desa.

“Ini tanggungjawab kita bersama, Sub PIN Polio ini kita sukseskan,”tutupnya.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan