Socfindo Latih PPK 2 Desa Olah Bunga Telang Jadi Makanan dan Minuman

  • Bagikan
Foto: Istri staf PT Socfindo diabadikan bersama pengurus TP PKK Kabupaten Batubara, TP PKK Kecamatan dan Kepala Desa Mangkai Baru Sugianti.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Istri staf PT Socfindo memberikan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari bunga telang, bagi Tim Penggerak dua desa sekitar PT Socfindo kebun Tanah Gambus.

Kedua desa itu, Mangkai Baru dan Mangkai Lama yang sama – sama berada di Kecamatan Lima Puluh Kota, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Senin (13/2/23) di Aula Kontor Desa Mangkai Baru.

iklan

Selain menyampaikan materi manfaat bunga telang, istri staf PT Socfindo yang dipimpin Ny Luluk Williams bersama Ny Heny Suwignyo, Ny Theresa Enthoven, Ny Indun Mindiarna, Ny Hartati Tarigan dan Ny Fransiska Ginting melatih langsung melalui praktek kepada warga yang tergabung dalam ibu – ibu PKK di dua desa untuk memasak makanan dan minuman dari bunga telang.

Ny Luluk Williams berharap apa yang disampaikan dan dipaparkan kiranya dapat bermanfaat dan kedepan  dikembangkan oleh warga untuk menumbuhkan ekonomi di desa.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahan untuk lingkungan sekitar, yang rutin dilakukan setiap tahunnya secara berkala di kebun kebun PT Socfindo.

“Ini merupakan kegiatan tahunan dari PT Socfindo yang memang sudah menjadi komitmen perusahaan dari program CSR,”kata Lukuk.

Foto: Ny Luluk Williams didampingi pengurus TP PKK Kabupaten Batubara dan Ketua TP PKK Kecamatan Lima Puluh Kota saat memberikan keterangan pers.(ersyah/01)

Kepada wartawan, ia menyampaikan, untuk tahun ini mensosialisasikan maaf tanaman telang kepada warga desa, dari mulai cara menanam, merawat, mengelola, mengemas sampai memasak menjadi makanan dan minuman.

Menjawab terkait waktu program berjalan. “Ini sudah dilakukan 10 tahun lalu hingga sekarang,”jawabnya.

Untuk di Kabupaten Batubara menurut Luluk, setiap tahun dipilih satu desa yang dekat dengan perkebunan. Kebetulan Desa Mangkai Baru dan Desa Mangkai Lama berselahan kita sekalian saja.

Luluk, kegiatan serupa terus dilakukan secara bergiliran, mulai dari Aceh dan Sumatera Utara.

“Kita semua ada 11 kebun, Sumatra Utara dan Aceh. Program pemberdayaan ibu-ibu seperti ini terus dilakukan,”ujarnya.

Foto: Ny Luluk Williams didampingi istri staf PT Socfindo pengurus TP PKK Kabupaten Batubara, Ketua TP PKK Kecamatan Lima Puluh Kota Ny Rahmat Khaidir Lubis dan Kepala Desa Mangkai Baru Sugianti dibandingkan bersama.(ersyah/01)

Terkait respon masyarakat, kami percaya sangat baik dan masyarakat responsif, karena apa yang kami berikan sebagai upaya meningkatkan ekonomi atau berbagi ilmu.

Turut hadir dalam kegiatan, Pengurus PT Socfindo Tanah Gambus Joni Makri Sitepu, Askep M.Irsan Dompu,Teknik satu Adji Indra Prapanca, Asisten Devisi.

Ketua TP.PKK Kabupaten Batubara diwakili Ny Emina Asihanti, Ketua TP PKK Kecamatan Lima Puluh Kota Ny. Rahmat Khaidir Lubis, Kepala Desa Mangkai Baru Sugianti dan Kepala Desa Mangkai Lama Sardalisyah.

Sebelumnya, Kepala Desa Mangkai Baru Sugianti berterima kasih kepada PT Socfindo yang telah memilih desanya sebagai tempat kegiatan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari bunga telang. Karena di Kabupaten Batubara kemarin di Desa Gunung Bandung, Kecamatan Lima Puluh Pesisir salah satu desa percontohan tingkat provinsi sebagai juara pengelolaan makanan dan minuman dari tumbuhan.

“Kami mengucapkan terimakasih, karena ini sangat bermanfaat sekali bagi ibu-ibu PKK. Sebab desa kami ini juara administrasi tingkat kecamatan dan tidak kabupaten kami juara satu dan akan mengikuti tingkat provinsi,”ungkapnya.

Foto: Ny Luluk Williams memberikan penjelasan program kerja istri staf PT Socfindo kepada pengurus TP PKK Kabupaten Batubara dan Ketua TP PKK Kecamatan Lima Puluh Kota disaksikan Pengurus PT Socfindo kebun Tanah Gambus Joni Makri Sitepu.(ersyah/01)

Sugianti juga menyebutkan, tahun 2020 lalu, PKK desanya mendapatkan juara lll katagori pemanfaatan perkarangan.

“Ini sangat bermanfaat bagi warga kami, sehingga kami mengetahui manfaat dari bunga telang ini,” sebutnya.

Ia juga berharap kedepannya program pemberdayaan yang ada di PT Socfindo Tanah Gambus dapat di selaraskan dengan program desa.

“Sehingga dapat menjadi peluang bisnis bagi masyarakat terkhusus kalangan ibu – ibu PKK,”harapnya.

Diakhir acara terlihat istri staf PT Socfindo memberikan bibit bunga telang dan buku pedoman cara merawat tanaman tersebut.(red01)

iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.