Polres Mura Amankan Pilkades 59 Desa

Foto: Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo SIK, Pabung Mayor CPM Abdul Wahab dan Bupati Mura Hj Ratna Machmud saat memeriksa pasukan pengamanan Pilkades serentak.(foto. Polres Mura)
iklan

MURA.Ersyah.com l Polres Musi Rawas (Mura) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Mura tahun 2023, Selasa (7/3/23) dihalaman depan Mapolres Mura.

Bertindak sebagai inspektur apel dipimpin Bupati Mura, Hj Ratna Machmud diikuti, Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira penghubung (Pabung) Mura Mayor CPM Abdul Wahab, perwakilan Detasemen B Pelopor Petanang, Kepala DPMD, Kasat Pol PP Damkar serta personel Polres Mura.

Hj Ratna Machmud menyampaikan, saat ini ada 59 desa di Kabupaten Mura yang melaksanakan Pilkades serentak. Dibagi 13 kecamatan dan ada 188 calon desa.

iklan

Tujuan dari apel ini kita menyamakan langka, menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dan kesiagaan pasukan pengamanan serta sarana perasarana yang dimiliki dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mura.

“Kita ketahui bersama pelaksanaan pemungutan suara ini dilaksanakan besok hari Rabu tanggal 08 Maret 2023. Artinya, dimulai Minggu tanggal 05 sampai Selasa tanggal 07 Maret 2023 sampai saat ini sedang memasuki masa tenang selama tiga hari,”katanya.

Bupati menyebutkan, melalui apel ia minta seluruh pasukan pengamanan tetap memelihara suasana kondisi saat pemungutan suara berlangsung. Sebab proses Pilkades merupakan puncak pelaksanaan demokrasi. Apabila proses Pilkades tidak bagus, maka kita tidak siap berbeda pendapat, apabila bejalan aman dan damai tidak ada alasan berpartisifasi aktif.

“Saya secara pribadi berharap Pilkades ini berjalan sukses dan sukses juga bagi kades terpilih yang nantinya memimpin desa yang lebih sejahtera,”ungkap Hj Ratna Machmud.

Sementara itu, Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo SIK MH didampingi Pabung, Mayor CPM Abdul Wahab dan Kabag Ops Kompol Polin E.A Pakpahan menyampaikan bahwa dari pelaksanaan apel ini baik dari Polri -TNI dan Pemda Mura hingga kedes itu melakukan pengamanan Pilkades.

“Hari ini ada 185 TPS dan total keseluruhan personel melakukan pengaman 770 personel meliputi Polri, TNI, Brimob, Sat Pol PP Damkar Pemda Mura yang akan standby di 185 titik TPS,” kata Kapolres.

Mengenai teknis pengamanan dilapangan menurut AKBP Danu, pengamanan di mulai hari ini hing besok selesai pelaksanaan pemungutan suara. Diperkirakan tiga hari, namun tentunya proses pilkades ada tahapan hingga nantinya pada Mei saat pelantikan kades terpilih.

“Kami dari Polri, TNI dan Pemda Mura berharap kepada masyarakat untuk nikmati proses kontestasi Pilkades. Tentunya proses ini sesuai aturan hukum yang berlaku, tidak melakukan tindakan anarkis, main hakim sendiri, karena para calon kades juga sudah menandatangai perjanjian siap menang dan siap kalah. Siapapun menjadi kades terpilih agar didukung untuk kemajuan desa masing-masing,”tutup Kapolres.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan