Inalum Raih Sertifikat ASI

Foto: Sertifikat ASI V3 (2022) yang di raih Inalum izet foto perkantoran di Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara.(foto. Humas Inalum)

BATUBARA.Ersyah.com l PT Inalum (Persero) meraih sertifikat Standar Kinerja Aluminium Stewardship Initiative atau ASI V3 (2022) atas scope (cakupan) Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Humas Inalum M Jufri, Jum’at (10/3/23) menyampaikan, sertifikasi ASI dikembangkan melalui proses konsultasi multi stakeholder yang ekstensif dan merupakan satu-satunya inisiatif standar keberlanjutan sukarela yang komprehensif untuk rantai nilai aluminium.

iklan

iklan

“Ini adalah sertifikasi pertama yang dikeluarkan untuk performance standard atau ASI V3 (2022) yang diperbarui dan diluncurkan pada Mei 2022 setelah melalui proses revisi selama beberapa tahun,”ujarnya.

iklan

Jufri, ini mendefinisikan 11 prinsip dan 62 kriteria di bawah tiga pilar keberlanjutan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang mendesak dalam rantai nilai aluminium, seperti keanekaragaman hayati, hak masyarakat Adat, sirkularitas dan emisi gas rumah kaca yang keseluruhannya telah dipenuhi PT Inalum melalui proses audit secara independent oleh pihak ketiga, TÜV Rheinland Cert GmbH.

“Sertifikasi ASI merupakan bukti Inalum adalah produsen yang ramah lingkungan. Jadi selain menjaga reputasi perusahaan dan effort para pendahulu untuk mendaftarkan brand Inalum di LME,”ungakapnya.

Lanjut Jufri, Inalum juga bisa mendapatkan manfaat financial apabila ekspor ke Negara yang concern dengan low carbon product. Sebab produk Inalum terdiri dari Aluminium Ingot, Aluminium Billet dan Aluminium Alloy dengan kapasitas produksi sebesar 250.000 ton per tahun.

Rainaldy Harahap selaku Senior Executive Vice President Operasi dan Produksi Inalum menyampaikan, PT Inalum sebagai bagian dari MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan ini sangat gembira dengan diterapkannya sertifikat. Dengan gembira mengumumkan bahwa Inalum (Persero) telah meraih sertifikasi ASI performance standard V3 (2022). Sertifikasi ini merupakan tonggak penting bagi perkembangan bisnis kami di masa depan.

“Kami berkomitmen untuk menerapkan praktik industri aluminium yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Menjadi pemain global industri aluminium dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan kontribusi positif kepada seluruh karyawan maupun pemangku kepentingan,”terangnya.(red01)

 

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *