Bupati Zahir, Pesta Tapai Tradisi Budaya Harus Dilestarikan

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP didampingi istrinya Ny Hj Maya Indriasari Zahir saat membeli Lemang dan Tapai.(foto. Diskominfo BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Pesta tapai merupakan tradisi tahunan, ini juga telah banyak membantu perekonomian masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  menjelang bulan suci Ramadhan.

“Pesta tapai ini merupakan tradisi¬† budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan,”kata Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat menutup Pesta Tapai di Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi, Senin (20/3/23) malam.

Penutup kegiatan tahunan itu diisi dengan tarian khas budaya melayu dan prosesi mandi balimau yang juga telah dilakukan masyarakat Kabupaten Batubara sejak zaman kedatukan yang berkembang banyak di wilayah Pesisir Selat Malaka.

Turut hadir Ketua TP PKK Batubara Ny.Hj Maya Indriasari Zahir, Kadis Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Safri Moesa, Kadis Perikanan dan Peternakan Antoni Ritonga, Darma Wanita, Forkopimcam Talawi, Camat Talawi, Kepala Desa Dahari Selebar, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat.

Usai menyampaikan sambutan penutup, Bupati Zahir bersama istrinya Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE beserta rombongan berkeliling menjumpai para pedagang serta membeli, Lemang, Tapai khas buatan masyarakat Kabupaten Batubara.

Amira (35) pedagang Lemang mengaku senang dengan adanya rombongan Pemkab Batubara datang.

“Saya ya bersyukur, ramai dan Alhamdulillah jualan lemang juga habis. Alhamdulillah juga ekonomi memang sedikit terbantu mau puasa ini,”ungkapnya.

Amira juga menyebutkan, tradisi Pesta Tapai setiap tahun dilaksanakan masyarakat Dahari Selebar sekitarnya.

“Ini memang tradisi masyarakat disini dari turun menurun sejak zaman dahulu. Selama satu bulan sebelum menuju bulan suci Ramadhan, kami berjualan makana seperti ini,”terangnya yang diamini warga lain.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.