Kapolres Ruahan dan Yasinan Berasama Pemkab Mura

Foto: Kapolres AKBP Danu Agus Purnomo SIK MH saat mengikuti doa dan yasinan berasama Pemkab Mura.(foto. Humas Pol Mura)
iklan

MURA.Ersyah.com l Kapolres AKBP Danu Agus Purnomo SIK MH menghadiri Ruahan dan Yasinan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura).

Kegiatan yang digelar di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Mura, Selasa (21/3/23) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

“Benar, tadi malam saya hadir di kegiatan Ruahan dan Yasinan bersama Pemkab Mura,”jawab AKBP Danu Agus Purnomo melalui selulernya saat dihubungi ersyah.com, Rabu (22/3/23).

iklan

Menurutnya, Yasinan dan doa bersama yang dibuat sebagai bentuk syukur menyambut bulan suci Ramadhan. Selain itu harapan semoga kita semua di beri kesehatan, kelancaran, ketentraman, keamanan dalam menjalankan ibadah puasa nantinya dan tetap jaga kekompakan.

“Kegiatan yasinan dan doa bersama  untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan doa bersama menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah,”kata Kapolres.

Dalam hitungan hari kita akan menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan penuh pengampunan ini, untuk itu mari kita sambut dengan kegembiraan dan suka cita dan disertai hati yang bersih,

“Kita juga mengirimkan doa untuk orang tua dan rekan-rekan yang telah mendahului kita dengan pembacaan surah Yasin, Alfatihah, Tahtim Tahlil dan Doa,”tutur suami Ny Anggitta Danu ini.

Sebelumnya, Bupati Mura Hj Ratna Machmud menyampaikan, sedekah syukuran atau ruwahan menyambut bulan suci ramadhan sudah merupakan tradisi turun temurun, apabila menjelang bulan Ramadhan untuk mendoakan arwah orang tua atau saudara-saudara kita yang sudah mendahului kita.

“Tradisi yang baik ini harus terus kita lestarikan dan dipertahankan, sebab tradisi ini sebagai momentum kita bersama-sama mendoakan para leluhur dan pendahulu, sekaligus mendoakan kita yang masih hidup,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati menjelaskan kepada Dandim 0406 MLM Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyo dan Kapolres Mura tentang tradisi ruwahan dan syukuran yang sudah dilakukan secara turun temurun.

“Pak Dandim dan Pak Kapolres, ruwahan dan syukuran ini tradisi lama yang dahulu kami masyarakat Musi Rawas menyebutnya sedekah ruwah,”ujar Bupati.

Selain itu, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Mura maupun secara pribadi bersama keluarganya meminta maaf kepada semua lapisan masyarakat Musi Rawas khususnya, jika terdapat salah dan khilaf selama ini.

“Sebelum datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H yang sudah tinggal beberapa hari lagi, mohon maaf atas semua khilaf kami,”tutupnya.

Usai doa dan membaca yasin bersama, Bupati, Ketua TP PKK H Riza Novianto Gustam, Kapolres, Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Arm Anggeng Prasegyo Sulistyo, beserta Kepala OPD menyalami para anak yatim piatu mereka satu-persatu memberikan tali asih.(red01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan