Produk UMKM Binaan Inalum di Bazar Kementerian ESDM RI

Foto: UMKM Binaan PT Inalum saat Pameran di Bazar Kementerian ESDM RI.(foto. Humas PT Inalum)

BATUBARA.Ersyah.com l Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari beberapa mitra binaan PT Inalum yang berasal dari Sumatera Utara di pamerkan dalam kegiatan Bazar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023 yang diadakan Kementerian ESDM di Jakarta.

Kegiatan yang dibuka langsung Menteri ESDM RI Arifin Tasrif, dihadiri  Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dan Direktur Utama Inalum Danny Praditya.

Deputi Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin menyebutkan, kegiatan sebagai langkah Inalum dalam mendorong UMKM Binaan untuk lebih populer, modern dan naik kelas sesuai dengan visi besar Holding Industri Pertambangan (MIND ID) dan Pemerintah Indonesia. PT Inalum telah mendorong lebih dari 200 entitas UMKM yang tersebar di sekitar kawasan operasional perusahaan, di Sumatera Utara. Selain itu Inalum juga memberikan bantuan seperti,bantuan modal, bantuan alat usaha, pelatihan, pendampingan hingga promosi produk.

Pameran dalam bentuk bazaar tersebut merupakan bagian dari kolaborasi Inalum bersama Anggota Holding Industri Pertambangan (MIND ID), guna mendukung kemajuan UMKM Binaan Inalum, dengan harapan masyarakat luas bisa melihat dan mencoba langsung produk-produk UMKM dan bisa memberikan dukungan agar bisa lebih berkembang.

“Kita sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM RI yang memberi kesempatan kepada Inalum untuk tampil memamerkan produk-produk kreatif dari UMKM Binaan kepada masyarakat luas,”ujarnya.

Mahyaruddin, Inalum bagian dari BUMN selalu berkomitmen untuk bisa meningkatkan level dari UMKM di sekitar kawasan operasional perusahaan di Sumatera Utara, untuk maju,modern dan sejahtera. “Tujuannya masyarakat bisa mencoba produk-produk kreatif ini, hingga membantu rekan-rekan UMKM untuk mempromosikannya kepada masyarakat,”ungkap Mahyaruddin.

Dijelaskan, pada Bazar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023, Inalum membawa 9 produk UMKM yang bergerak dibidang kuliner, Rajawali Coffee, Rajawali Gula Semut, Rajawali Sasagun, Mauas Madu, Cookies Madu, Sambal Teman, Bandrek Joeli Jahe Merah dan Kunyit Asam Joeli.

“Masyarakat bisa langsung hadir dan membeli produk dari UMKM Binaan Inalum ini, pada Bazaar Sobat Energi Belanja UMKM KESDM 2023 tanggal 4 – 6 April 2023 di Lapangan Futsal Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta,”papar Mahyaruddin.

Sebagai satu-satunya pabrik peleburan aluminium di Indonesia yang telah dioperasikan lebih dari 4 dekade, Inalum berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat sekitar perusahaan. Mulai dari semangat pemberdayaan, kemandirian dan pertumbuhan positif secara bersama-sama.

“Inalum secara rutin melakukan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat sekitar seperti, sablon, menjahit, bordir, rias pengantin, bengkel, las dan lain sebagainya. Perusahaan juga memberikan modal bergulir sehingga UMKM bisa berkembang menjadi lebih mandiri serta menciptakan lapangan kerja sendiri,”tutup Mahyaruddin.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan