Batubara Pintu Masuk Perdagangan Internasional Untuk Kemajuan Sumut

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi saat Musrenbang RKPD Provinsi Sumatra Utara.(foto. Diskominfo BB)

MEDAN.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP  mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD( Provinsi Sumatera Utara tahun 2024.

Kegiatan yang digelar, di Aula Tengku Nurdin, Medan, Rabu (12/4/23) juga diikuti bupati/wali kota se-Sumut serta badan perencanaan penelitian dan pengembangan (Bapelitbang) daerah.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka kegiatan didampingi seluruh Forkopimda Sumut.

iklan

Dari Kabupaten Batubara turut mendampingi Bupati, Asisten II Setdakab Khairul Anwar dan Kepala Bapelitbangda Arif Hanafiah.

Dalam pertemuan itu, Deputi Bidang Pembangnan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas RI Drs.Amich Alhumami menyampaikan, salah satu wilayah di Sumatra Utara yang saat ini membutuhkan perubahan signifikan untuk pertumbuhan ekonomi nasional adalah Kabupaten Batubara.

“Kabupaten Batu Bara sendiri akan difokuskan untuk pembangunan kawasan industri Kuala Tanjung, pembangunan pelabuhan terpadu dan akses jalan tol Trans Sumatera,”katanya.

Amich juga menyebutkan, bertujuan untuk menjadikan Kabupaten Batubara kawasan industri yang maju dan menjadi pintu masuk perdagangan internasional untuk kemajuan Sumatera Utara.

“Hal lain dibahas dalam Musrenbang RKPD tahun 2024 untuk sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, yang menargetkan beberapa program strategis nasional,”ujarnya.

Target pencapaian di tahun 2024 berfokus pada penurunan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas SDM, penurunan prevalensi stunting, pertumbuhan ekonomi. Penurunan angka pengangguran terbuka, rasio gini, nilai tukar nelayan dan nilai tukar petani hingga penurunan emisi rumah kaca di Sumatera Utara.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *