Jokowi Janji Bantu SMK PPN Kualuh Selatan

Foto: Presiden RI Joko Widodo didampingi Wagubsu Musa Rajekshah dan Bupati Labura Hendriyanto Sitorus serta beberapa pejabat saat memberikan keterangan kepada wartawan di SMK PPN 1 Kualuh Selatan.(ersyah/f.sinaga)

LABURA.Ersyah.com l Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungi SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan yang terletak di Jln Lintas Sumatera Medan-Rantau Prapat KM 228 Damuli Pekan, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura, Sumatra Utara, Rabu (17/5/23).

Dalam kunjungan itu, Presiden didampingi Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan rombongan Kapoldasu serta Pangdam.

“Sekolah menengah kejuruan (SMK) menjadi kunci kemajuan negara. Karenanya diharapkan siswa SMK jurusan pertanian dan perkebunan ini dapat belajar dengan baik, termasuk mendapatkan pelajaran praktikum,”katanya dihadapan wartawan.

Jokowi, anak-anak kan harus ditunjukkan bagaimana cara bertani yang baik, bagaimana berkebun yang baik sehingga memang ini akan terbantu bantu untuk memperbaiki.

“Di SMK mesti 60-70 persen itu praktik, sehingga tempat praktik itu menjadi sangat penting,”ujarnya.

Jokowi jmenyebutkan, kunjungan ke SMK tersebut dilakukan secara mendadak.

“Saya hanya ingin melihat kegiatan belajar mengajar dan praktik juga di SMK. Semuanya dadakan. Saya ingin melihat apa adanya,” kata Presiden.

Dalam kesempatan itu Jokowi melihat pembibitan tanaman kelapa sawit. Ia menilai bibitnya sudah cukup baik, tetapi tempat pembibitannya memerlukan peningkatan agar para siswa bisa melihat langsung bagaimana proses bertani yang baik.

Jokowi juga melihat langsung tempat praktik peternakan di sekolah itu.

“Tempat praktik pertanian dan tempat praktik peternakan juga akan dibantu memperbaiki, terutama kandangnya. Kita akan membantu mengirimkan sejumlah ternak ke SMK PPN 1 ini untuk bisa dijadikan sarana pembelajaran,”janjinya.

“Peternakan juga kandang. Kandang yang baik seperti apa, yang bersih seperti apa, supaya kambingnya juga gemuk-gemuk seperti apa. Ini nanti akan saya kirim kambing, domba, kemudian ayam, bebek, semuanya, biar banyak contoh-contoh yang bisa diajarkan bapak, ibu guru kepada murid-muridnya di sini,”tutupnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, dirinya mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk memperbaiki kandang hewan, pembuatan irigasi dan pembuatan ruang green house di sekolah tersebut.

“Saya mendapat tugas untuk memperbaiki sarana dan prasarana di SMK, seperti kandang kambing, kandang sapi, irigasi pertanian dan juga green house nya,”sebut Basuki.(F.Sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan