DAERAH  

287 Calhaj Batubara Berangkat 4 Mei

Foto: Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batubara Dra Hj Refiyenti MSi.(foto dokumen ersyah).
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Sebanyak 287 Calon jama’ah haji (Calhaj) Kabupaten Batubara tahun 2023.

Calhaj Batubara berangkat dalam klompok terbang (kloter) 13.

“Calhaj Batubara tahun ini, 287 orang. Jadwalkan berangkat dalam kloter 13 tergabung dengan Calhaj Kota Medan dan Kabupaten Karo,”jawab Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batubara Dra.Hj.Refiyenti MSi, Senin (23/5/23) melalui selulernya.

iklan

Dijelaskan, Calhaj Batubara diberangkat melalui Bandara Kuala Namu Internasional Air Port (KNIA) tanggal 4 Juni 2023. Namun Refiyenti belum bisa memastikan apakah seluruh Calhaj Batubara sampai jadwal keberangkatan nanti bisa berangkat karena berbagai faktor seperti sakit dan sebagainya karena belum ada yang melapor.

“Tahun ini, 80 persen Calhaj Batubara rata-rata lansia,”ujarnya.

Meskipun umur lansia menurut Refiyenti para Calhaj tersebut tetap ceria dan terlihat sehat -sehat saja.

“Kita harapkan seluruh Calhaj Batubara  sehat semua, dari berangkat sampai pelaksanaan haji ke tanah suci Mekkah dan sampai kembali ke Kabupaten Batubara. Untuk itu kita minta para Calhaj selalu menjaga kesehatan,”pesannya.

Kasubbag TU Kemenag Batubara Sahidin SPd MPd yang pada tahun ini sebagai Ketua kloter Calhaj dari Kabupaten Batubara menyampaikan, sejumlah kalangan jamaah haji menyambut baik atas bisa berangkat ke Mekkah menunaikan haji, sebab berapa  tahun musim haji sebelumnya tidak dapat berangkat karena adanya pembatasan akibat virus Covid-19.

“Tahun ini para Calhaj kita terlihat begitu semangat tinggi karena bisa berangkat, meskipun rata-rata lansia,”ungkap Sahidin.

Sekedar informasi pada Rabu tanggal 17 Mei 2023 Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( Dinkes PPKB) Kabupaten Batubara sudah melakukan penyuntikan maningitis sesuai aturan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang mewajibkan bagi calon jamaah haji (Calhaj) harus disuntik meningitis terlebih dahulu sebelum berangkat.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan