DAERAH  

Dinkes PPKB Pengukuran Kebugaran Calhaj Batubara

Foto: Petugas Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batubara saat mengecek kesehatan para Calhaj.(ersyah/Ambarita)

BATUBARA.Ersyah.com l Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) membuat pengukuran kebugaran para calon jemaah haji (Calhaj) keberangkatan tahun 2023, Kamis (25/5/23) di Lapangan Indrasakti Kecamatan Air Putih dan Lapangan Kantor Camat Talawi Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Turut dihadir, Plt Kepala Dinas Kesehatan PPKB dr. Deni Syahputra didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi, Petugas kesehatan olahraga dan Petugas kesehatan Haji se Kabupaten Batubara

Plt Kadis Kesehatan PPKB dr. Deni Syahputra melalui Kabid Kesmas Abdul Fuad Helmi menyampaikan, pemeriksaan kesehatan dan kebugaran jasmani serta pembinaan sangat penting untuk menjaga kondisi prima para calon jemaah haji.

“Kegiatan pengukuran kebugaran calon haji saat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembinaan kebugaran jasmani bagi jemaah haji dari Kabupaten Batubara yang sehat dan bugar,”ujar Fuad.

Dijelaskan, Dinas Kesehatan PPKB melalui Puskesmas telah melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi Anamnesis,pemeriksaan fisik, laboratorium dan melakukan pembinaan untuk mengatasi penyakit yang diderita. Namun belum disertai dengan pembinaan untuk meningkatkan kebugaran jasmani oleh karna itu salah satu upaya dalam pembinaan meningkatkan kebugaran maka dilakukan tes kebugaran hari ini. Tes kebugaran para  calon jemaah haji  meliputi, Pengukuran tekanan darah, kolesterol, asam urat, kadar gula darah dan Rapid Tes Covid-19 untuk deteksi dini dari penyakit Covid 19.

“Untuk Kabupaten Batubara sampai saat ini tercatat sebanyak 287 orang calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2023, yang tergabung kloter 13,”terang Fuad. (Ambarita)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan