DAERAH  

Plt Kadinkes PPKB Batubara Terima Tim Peneliti Kesehatan USU

Foto: Kadinkes PPKB Batubara dr Deni Syahputra didampingi Kabid P2P Budi Jurnarman Sinaga dan staf saling bertukar plakat cendramata dengan Tim Peneliti Kesehatan USU Dr dr Ayodhia Pitaloka Pasaribu.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Plt Kadis Kesehatan PPKB Kabupaten Batubara dr Deni Syahputra didampingi Kabid Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Budi Jurnarman Sinaga SKM MKN dan staf menerima tim peneliti kesehatan dari Universitas Sumatera Utara (USU) Jum’at (26/5/23) dirungan kerjanya.

Kedatangan tim peneliti yang berjumlah empat orang itu dipimpin Dr dr Ayodhia Pitaloka Pasaribu SpA, untuk menyampaikan laporan kegiatan penelitian mereka.

Tim tersebut sudah bekerja di Kabupaten Batubara sejak bulan Desember 2021 sampai bulan Mei 2023.

“Tujuan penelitian ini untuk menilai khasiat intervensi skrining dan pengobatan secara serologis (Serological Screening and Treatment/SSAT) untuk mencegah kekambuhan malaria oleh P.vivax,”papar Dr Ayodhia Pitaloka.

Dijelaskan, nama penelitian tersebut, uji skrinning dan pengobatan Plasmodium vivax berdasarkan test Serologi.

Untuk lokasi di wilayah Kecamatan Tanjung Tiram dengan sasaran anak sekolah SD dan SMP sebanyak 960 orang.

“Dari 960 orang di dapat 80 orang positif hasil antibody Plasmodium malaria dan dilakukan pengobatan terhadap 40 orang dan hasil hanya 1 orang partisipan yang diobati hasil apusan darah malarianya positif,”terang Dr Pitaloka.

Menjawab hal itu, dr Deni Syahputra  sangat mengapresiasi dan berterima kepada tim peneliti kesehatan dari USU yang turut membantu Pemkab Batubara dalam bidang kesehatan.

“Harapan kami metode baru ini bisa memutus mata rantai penularan malaria,”ujarnya.(red01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan