Rakernas 1 PJS di Kota Sriwijaya Palembang, UKW Harga Mati Setiap Anggota PJS

Catatan.

iklan

iklan

Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional  (Rakernas) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) sudah didengungkan sejak berlangsungnya Musyawarah Nasional I (Munas) di Jakarta November 2022 lalu yang ditandai dengan pemukulan Gong.  Ini tidak lain karena didorang semangat seluruh peserta yang hadir dan merasakan aura kesuksesan Munas yang berlangsung di hall Dewan Pers Jakarta.

iklan

Dalam organisasi profesi pers sebagai pendatang baru, PJS bertekad kuat untuk bersama-sama bergandengan tangan mewujudkan harapan dan cita-cita dewan pers, menjadikan wartawan seluruh Indonesia kompeten. Harapan ini sesuai dengan visi PJS yakni terwujudnya transformasi jurnalis berintegritas, kompeten dan profsional. PJS saat ini memiliki jumlah anggota lebih dari 1.000 wartawan, sudah berada di 26 provinsi, menjadikan pendidikan dan pelatihan jurnalistik sebagai lokomotif menuju wartawan kompeten. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah harga mati bagi setiap anggota PJS.

   UKW Perdana Muara Enim

Tak hanya slogan yang dipampang pada visi PJS, namun lebih dari itu, semua kompenen dari tingkat atas hingga ke DPC memiliki daya juang yang sama mensukseskan gelaran UKW perdana di Muara Enim. Meski ada yang masih wait and see, mengintip dari kejauhan sampai mana perjuangan PJS sebagai organisasi profesi pers mewujudkan visinya. Kita Ngga butuh pengakuan, ngga butuh pujian, namun semua dipersembahkan untuk wartawan Indonesia. Mereka harus memiliki derajat yang sama diantara sesama pekerja pers. Mereka harus menghasilkan karya jurnalisi yang bagus dan benar. Lebih dari itu, mereka tidak dipandang sebelah mata dan dijuluki sebagai wartawan abal-abal lagi. Jangan ada lagi diskriminasi diantara sesama pekerja pers.

Muara Enim dengan segala dayanya mengambil peluang pertama sebagai tuan rumah pelaksanaan UKW perdana yang di laksanakan PJS, sehingga dinobatkan sebagai UKW PJS angkatan Pertama se Indonesia.

Belajar dari UKW di Muara Enim, banyak anggota PJS yang baru tahu jika pelaksanaan UKW tidak seperti yang dianggap remeh selama ini. Mulai dari persiapan dokumen peserta, persiapan mental hingga penyelengaraan yang sangat konsisten dengan waktu penyelesaian unjuk kerja peserta. Ya, semua baru tahu dan berkata, semua diluar dugaan.

Namun, kita syukuri, melalui visi PJS, akhirnya lahirlah wartawan kompeten yang mengikuti UKW bekerjasama dengan Lembaga Uji  UKW Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN-VY). Ini langkah awal gerakan menuju wartawan kompeten. Bola salju menggelinding dari Sumatera Selatan untuk Indonesia. Lampung, Sumbar, Babel, Sulteng, Maluku Utara adalah daerah yang siap menggelar UKW angkatan Kedua, Ketiga dan seterusnya.

  Ribuan wartawan menuju Palembang

Awal Agustus kemarin, selama 3 hari kami melakukan sesi pengambil foto dan video untuk kebutuhan Rakernas yang diselenggarakan pada Agustus mendatang. Kesiapan panitia terus bergerak mempersiapkan kedatangan para tamu yang adalah wartawan media siber/online dari 25 provinsi di tanah air.

Lewat komando Trio DPD PJS Sumsel, Rino Triyono selaku Ketua DPD, Bambang Sekretaris dan Firman selaku Bendahara serta ditopang  seluruh komponen pengurus DPC PJS se Sumsel, kegiatan ini akan memberikan warna tersendiri

Sumatera Selatan khususnya kota Palembang tidak diragukan untuk dijadikan sebagai daerah penyelenggaraan kegiatan bertaraf nasional maupun internasional. Berbagai fasilitas pendukung sebgai tuan rumah sangat representative. Apalagi, dukungan kuat mengalir dari pemerintah provinsi dan kabupaten kota di bumi Sriwijaya.

Rakernas PJS I ini akan menetapkan hasil rekomendasi yang lahir dari Rapimnas di Gorontalo pada Mei kemarin. Program yang menitiberatkan pada pendidikan dan pelatihan wartawan akan menjadi semangat besar untuk wartawan di daerah. Disamping itu, ajang Rakernas pun akan menghadirkan pemimpin masa depan bangsa Indonesia 2024.

Seperti apa visi mereka untuk membangun Indonesia 5 tahun mendatang..?, Semuanya akan tersaji di pentas Rakernas PJS di daerah yang dijuluki kota Pempek. Sampai nanti di Rakernas Palembang .(Catatan Ketua DPP PJS Mahmud Marhaba)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *