Pimpin Upacara Bendera, Danlanud Had: Disiplin Sangat Penting

Foto: Danlanud Had Letkol Nav WP Pujo Wahono SH MHan saat upacara bendera di SMA Negeri 1 Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

KALBAR.Ersyah.com l Untuk mencapai kelancaran sesuatu pasti membutuhkan ketertiban. Sebab  saat tertib maka segala sesuatu akan berada pada tempat yang semestinya dan fungsinya masing-masing.

“Anak-anak harus lakukan setiap hari, disiplin sangat penting,”kata Komandan Pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P.Pujo Wahono SH MHan saat memimpin upacara bendera, Senin (7/8/23) di SMA Negeri 1 Sanggau Ledo, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Danlanud Had mengatakan, neski pada awal membiasakan diri untuk disiplin bukanlah hal yang mudah,tetapi seiring berjalannya waktu, anak-anak akan terbiasa untuk disiplin. Lalu bagaimanakah cara agar bisa disiplin di sekolah. Caranya tentu saja dengan mengikuti semua tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Contoh kecil tata tertib jam masuk dan jam pulang setiap kelas.

“Jangan sampai ada murid terlambat sehingga ketinggalan pelajaran yang sangat penting untuk masa depan,”ujarnya.

Contoh lainnya kata Letkol Pujo, tertib dalam menggunakan peralatan sekolah dengan benar sehingga bisa awet dan bisa dipergunakan murid yang lain dengan baik. Disiplin lain seperti mematuhi tata tertib tentang berpakaian di sekolah.

“Jika pada hari senin diwajibkan memakai seragam putih abu-abu, ya harus mematuhinya. Jika hari Jum’at diwajibkan memakai seragam pramuka, anak juga harus mematuhinya. Mematuhi perintah guru juga merupakan bentuk pelaksanaan disiplin,”ucap.

Danlanud Had, misalnya bapak dan ibu guru menyuruh belajar di rumah, kalian harus belajar dengan sungguh, sebab dengan disiplin akan mendapat banyak manfaat, menjadi anak yang rajin, sopan, pintar, bersemangat dan selalu menyenangkan orang lain. Cara menegakkan ketertiban sekolah adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya guru saja, tapi peran aktif semua komponen di sekolah yang membuat ketertiban tegak.

“Sekolah kita ini, bisa mengantar semua murid menjadi orang-orang yang berprestasi dan memiliki masa depan cerah,”tutupnya.

Upacara juga diikuti Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Drs. Silpinus Muchtar, Wakil Kepala Sekolah Seksi Kesiswaan Iswanto SPd, Wakil Kepala Sekolah Seksi Kurikulum Wiyono SPd  dan seluruh guru disekolah tersebut.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan