Bupati Batubara Memakai Baju Minang di Upacara HUT Ke-78 RI

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP memakai baju adat Minang saat upacara HUT Ke-78 RI.(foto. Diskominfo BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI,Kamis (17/8/23) di Lapangan Blok 8, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Bupati dalam kegiatan itu memakai baju adat Minang.

iklan

iklan

Baju dari Sumatera Barat itu didominasi warna kuning dan setelan baju adat tersebut dihias rumbai dan ornamen benang emas. Sedangkan Wakil Bupati, Oky Iqbal Frima SE memilih mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan keris.

iklan

Sebagai komandan upacara Danramil 04 Talawi Kapten Inf Zulfan, turut hadir unsur Forkopimda, Kepala OPD, Ketua TP PKK, organisasi dan organisasi kepemudaan.

Bupati Zahir menyampaikan agar menjaga kesatuan dan persatuan dalam menggali nilai dan cita-cita para pejuang. Karena harapan para pejuang bisa mempertahankan kemerdekaan yang saat ini di isi para generasi muda, anak-anak bangsa Indonesia.

“Mengisi dengan pembangunan, dengan pembangunan kita, dengan begitu bisa meneruskan cita-cita para pejuang,”ujarnya.

Bupati juga berpesan agar semua lapisan masyarakat terus menjaga budaya sopan, budaya yang santun. Mengkritik boleh, tapi kritik yang membangun dengan bahasa yang santun yang merupakan salah satu cita-cita kemerdekaan.

“Ayo generasi muda penikmat kemerdekaan mengisi cita-cita para pejuang kemerdekaan dengan hal positif dan kreatif,”ajak Zahir.

Usai upacara, Bupati bersama Forkopimda memberikan tali asih dan sembako kepada 9 veteran dan 9 janda veteran. Bantuan kaki palsu sebanyak 9 orang, bantuan santunan pensiunan Korpri tahun 2023 sebanyak 17 orang.

Pemberian penghargaan lomba desa tingkat Kabupaten Batubara tahun 2023 kepada juara terbaik 1 Desa Perkebunan Tanjung Kasau, juara terbaik 2 Desa Kuala Tanjung dan juara 3 Desa Antara.

Kemudian menyerahkan hadiah lomba desain busana wastra Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) juara 1 Ajeng Triasti, juara 2 Yusnidar dan juara 3 Sri Warjukni.

Pemenang lomba gerak jalan Dasawisma Desa tingkat Kabupaten Batubara 2023, juara 1 Desa Sukaramai, juara 2 Gunung Bandung, juara 3 Kuala Tanjung.

Lomba inovasi daerah, juara 1 Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Daerah, juara 2 Disdukcapil, juara 3 Dinas Koperasi dan UKM.(Ambarita)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *