Dinkes PPKB Batubara Operasi Mata Katarak Gratis

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Ketua Kadin OK Faizal SE MAP saat memberikan beras kepada warga peserta yang mengikuti operasi katarak.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (PPKB) di bidang pelayanan kesehatan (Yankes) menggelar operasi mata katarak gratis, Sabtu (19/8/23) di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batubara.

Turut hadir, Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Asisten 1 Rusian Heri S.Sos, Ketua Kadin Batubara H. OK Faizal SE MAP, Dr Pulungan Pinto Yusneni SPM pimpinan operasi mata katarak beserta timnya. Camat Datuk Lima Puluh Wahidin Kamal, Kepala Desa Kuala Gunung Aidit, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Batubara dan 70 peserta yang hendak mengikuti operasi katarak.

Bupati Zahir mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan operasi mata katarak gratis yang dibuat sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang kurang penglihatan disebabkan karena adanya pengeringan lapisan bola mata.

iklan

“Jadi katarak itu akibat terjadinya pengeringan, penuaan, kemudian dia mengeras yang akhirnya warnanya rada putih dan terkabur lah pandangan kita,”kata Bupati.

Ia juga meminta dengan Kadis Kesehatan PPKB Batubara agar menyelesaikan persoalan katarak bisa diselesaikan secara bertahap.

“Kalau masih ada lagi masyarakat yang butuh untuk di operasi katarak mata nya, ini mohon pak Kades (Kepala Desa), pak Camat didaftar segera, jadi kalau hari ini 50, besok 50¬† sampai selesai, ya kalau bisa tahun ini selesai semua. Supaya nanti 2024 dia terang dia gambar siapa yang mau di coblos. Kalau kabur nanti nyoblos nya kan goyang -goyang dia, pak Zahir tidak…pak Zahir tidak,”ucap Bupati sambil membuat tawa.

Sementara itu Plt Kadis Kesehatan PPKB Batubara dr Deni Syahputra menyampaikan, banyak ditemukan di masyarakat masalah katarak, karena memang dari medisnya faktor pisiogis, semua manusia diatas 50 tahun pasti menderita katarak. Artinya kekeruhan pada lensa bola mata itu yang terjadi, apalagi yang punyai penyakit -pebyakit penyerta, seperti darah tinggi, gula, makanya katarak cepat terjadi.

“Ini memang satu alamiah satu proses dalam kehidupan kita. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan meningkatkan derajat kesehatan kepada warga, masyarakat yang usianya lanjut, karena hari ini dibuat operasi katarak yang dilakukan dokter ahli mata dari Medan,”ujarnya.

dr Deni juga mengatakan, seluruh kegiatan terlaksana berkat dukungan dari Bupati Batubara sehingga terlaksana dengan baik.

“Ini semua berkat dukungan bapak Bupati, karena support dari anggaran APBD untuk pelaksanaan kegiatan ini. Untuk sasaran operasi lebih kurang 50 mata. Kalau pun ada yang daftar baru tetap kita kita bantu dengan cadangan, karena waktu screening sudah diperiksa 170 orang, namun yang bisa di operasi sesuai dengan standar nya lebih kurang 50 mata,”terang Deni.

Dalam kegiatan itu, Bupati juga memberikan bantuan beras 5 Kg kepada masing-masing peserta yang mengikuti operasi.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *