DAERAH  

YKI Batubara Bersama Dikes PPKB Sosialisasi Cegah Kanker Sejak Dini

Foto: Pengurus YKI Batubara berasama Dinas Kesehatan PPKB saat sosialisasi pencegahan kanker sejak dini.(foto. Dinkes PPKB Batubara)

BATUBARA.Ersyah.com l Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batubara bekerjasama Dinas Kesehatan PPKB mengelar sosialisasi pencegahan kanker sejak dini.

Kegiatan itu dihadiri Ketua YKI Barubara Ny Hj.Maya Indriasari Zahir SE dan pengurus, Plt Kadis Kesehatan PPKB dr Deni Syahputra, Kabid P2P Budi Jurnarman Sinaga SKM MKM.

“Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sei Raja, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara, bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa selalu melakukan Skrining secara berkala guna menghindari kanker,”ujar Budi Jurnarman Sinaga, Sabtu (19/8/23) kepada ersyah.com.

iklan

Dijelaskan, sosialisasi tersebut di buka langsung Ketua YKI Batubara Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE yang dalam paparannya mengajak dan menganjurkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Batubara untuk melakukan skrining kesehatan secara berkala guna menghidari kanker.

“Pencegahan kanker sejak dini penting. Penyakit kanker dapat dikendalikan angka survival ratenya tinggi, tetapi syaratnya harus dengan deteksi dini,”katanya.

Sekitar 90 persen bisa dikendalikan, tapi jika ditemukan pada stadium lanjut, maka 90 persen akan meninggal. Tingginya prognosis hidup bila kanker terdeteksi distadium 1 dan 2. Hal ini menunjukan pentingnya deteksi dini setiap individu, baik secara mandiri dan yang tetutama pemerikasaan medis.

Selain itu, tingginya kasus kanker tentu bisa menjadi kewaspadaan awal untuk mau meminimalisir faktor yang terkait dengan penyakit kanker tersebut.

“Salah satu penyebab tingginya kasus kanker di Indonesia adalah kondisi lingkungan yang terus menghasilkan bahan karsinogen seperti rokok, daging olahan dan makanan siap saji. Penyebab lain yang juga mempengaruhi karena kebiasaan begadang, kurang olahraga dan makan terlalu banyak,”sebutnya.

Karenanya, peserta sosialisasi yang mengikuti kegiatan diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk mencegah penyakit kanker dengan upaya menerapkan gaya hidup sehat.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *