Polres Batubara Simulasi Sispamkota

Foto: Personil Polres Batubara saat simulasi pengamanan di Kantor KPU bila terjadi aksi demontrasi di kantor tersebut.(ersyah/01)

BATUBARA.Ersyah.com l Polres Batu Bara menggelar Simulasi Sistem Pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka persiapan pengamanan pemilu 2024, Senin (21/8/23) di Lapangan Apel Mako Polres Batubara, Sumatera Utara.

“Simulasi sispamkota bertujuan memelihara kemampuan dan kesiapan personel dalam upaya mengendalikan massa dan menjaga objek vital yang ada didalamnya,”kata Kasi Humas Polres Batubara Iptu Abdi Tansar SH.

Dijelaskan, kegiatan dibuat untuk memelihara kemampuan personel dan penggunaan peralatan, karena sangat penting dilakukan sebagai upaya menyiapkan seluruh komponen personel jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan.

“Ada sekitar 300 personel Polres Batubara yang terbagi menjadi beberapa pleton terdiri dari, pleton dalmas awal, dalmas inti, pengurai masa, rantis, escape, dan medis,”ujarnya.

Abdi, simulasi dimulai dengan reka adegan situasi pemilihan di tempat pemungutan suara, di asumsikan pada saat pemungutan terjadi komplain atas waktu pemilihan oleh massa salah satu Paslon yang hadir terlambat diluar waktu yang telah di tentukan. Personil Polres Batubara yang terlihat kesigapannya dalam mengamankan kotak suara pemilu saat rangkaian mulai dari di TPS, PPS, PPK hingga ke KPUD Batubara.

Simulasi bercinta adanya adanya aksi unjuk rasa yang digelar di KPU Batubara, dengan massa aksi menggeruduk kantor KPU Batubara beberapa gugatan dan aspirasi.

Aksi terlihat semakin panas dan personel yang telah disiapkan untuk meredam pengunjuk rasa.

Selain itu, barikade polisi ikut terjun mengamankan aksi. Kemudian, massa aksi juga melempari petugas dengan botol berisi air.

Secara sigap pihak kepolisian dan pengamanan KPU memukul mundur para demonstran. Tim pengamanan KPU juga bersiap di atas motor trail sebagai antisipasi mengawal kericuhan jika terus berlanjut

“Simulasi ini dilakukan guna menghalau aksi ricuh jika nanti terjadi,”terang Abdi.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan