Polisi RW Prinsip Community Policing, RJ dan Acountability

Foto: Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK saat memasang Ban kepada pesonel Polisi RW.(foto.Humas Pol BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK memimpin Apel Launching Polisi RW digelar Senin (21/8/23) di lapangan Mapolres Batu Bara, Sumatera Utara.

Launching ditandai dengan penyematan ban lengan dan rompi Polisi RW kepada perwakilan anggota.

Kasi Humas Polres Batubara Iptu Abdi Tansar SH menyampaikan, Polisi RW merupakan program unggulan Polri untuk lebih mendekatkan pelayanan Polri hingga ke tingkat Rukun Warga (RW) ataupun Dusun, dalam rangka memecahkan masalah bersama warga dengan prinsip community policing, restorative justice dan acountability.

“Program Polisi RW ini diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dan bersinergi dengan Polri demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan dapat mengoptimalkan interaksi langsung dengan masyarakat pada tingkat RW yang mengedepankan tindakan preemtif,”kata Abdi.

Menurutnya, Kapolres Batubara sudah melaunching sebanyak kurang lebih 100 personil dalam program Polisi RW tersebut. Tugas Polisi RW antara lain melakukan interaksi konsisten dengan masyarakat untuk membangun kesan yang baik atau bisa disebut dengan good impression. Bersama masyarakat, kita memecahkan masalah yang tingkat permasalahannya kecil, (problem solving), melakukan scanning terhadap kerawanan di wilayah dan melaporkan serta menindaklanjuti permasalahan serta saran masukan dari masyarakat

“Program Polisi RW ini juga menjadi tempat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya keselamatan dan keamanan berkendara, bahaya narkotika dan sebagainya,”tutup Abdi.(red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan