Bupati Labura Kukuhkan Forum GenRe

Foto: Sekdakab Labura H. Muhammad Suib SPd MM saat memasang selempang kepala murid SLTA pada pengukuhan Forum GenRe.(ersyah/f.sinaga)

LABURA.Ersyah.com l Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM melalui Sekda H. Muhammad Suib SPd MM mengukuhkan Forum Generasi Berencana (GenRe) tahun 2023, Rabu (30/8/23) di Aula Ridho Yaman Kantor Bupati Labura, Sumatera Utara.

Kegiatan ditandai dengan penyematan selempang oleh Sekda dan Kepala Dinas PPKB Erni Malinda Napitupulu SKM.

iklan

iklan

Organisasi remaja yang beranggota usia antara 10-24 tahun itu berasal dari berbagai sekolah SLTA sederajat diwilayah Kabupaten Labura.

iklan

Dalam laporan Erni Malinda Napitupulu, dibentuknya Forum GenRe dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar memahami dan memperaktekan perilaku hidup sehat, berakhlak, terhindar dari penyimpangan baik pernikahan dini, kekerasan seksual, napza dan HIV/AIDS.

“Forum ini akan memfasilitasi para remaja ikut serta dalam menurunkan angka pernikahan dini, memotivasi mereka agar memiliki kesiapan mental yang baik dan tidak terjerumus pada seks bebas serta napza,”ujar Malinda.

Sementara Muhammad Suib menyampaikan selamat kepada yang baru dikukuhkan dan menyambut baik inisiatif pembentukan Forum GenRe di Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Pembentukan Forum ini merupakan tanggungjawab moral bersama dari berbagai pihak untuk memberikan perhatian, pembinaan maupun peningkatan pengetahuan serta keterampilan bagi para remaja.

“Remaja harus mendapatkan perhatian lebih agar dapat melalui masa pentingnya sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya, sehingga dimasa yang akan datang kita mendapatkan remaja tangguh, tumbuh dan berkembang secara optimal,”kata Suib.

Menurutnya, secara khusus Bupati Labura berharap hadirnya Forum GenRe dapat membantu mengisi kegiatan produktif remaja dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilakunya tentang keterampilan hidup. Untuk mengatasi berbagai masalah, mempersiapkan hidup berkeluarga dan tantangan hidup lainnya dalam rangka mewujudkan generasi berencana.

Forum GenRe ini akan mampu mengajak generasi muda di Kabupaten Labura untuk berfikir jauh kedepan dalam merencanakan kehidupan dan mampu mengajak komunitasnya untuk menghindari pernikahan dini yang masih dapat ditemui.

“Forum Genre ini diharapkan bisa menjadi media dan motivator untuk menjauhi perilaku-perilaku negatif, jauh dari norma agama dan adat,”harapnya.

Para peserta juga di lakukan pembinaan dalam program generasi berencana dengan kebijakan strategi dari narasumber Bupati selaku Ayah GenRe Sumut yang di paparkan  Sekda dan Fandy Matondang dari Forum GenRe Sumut.(F.Sinaga)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *