Bupati Batubara MoU Dengan Universitas Dharmawangsa

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Rektor Universitas Dharmawangsa Dr Zamakhsyari saat menandatangani MoU.(foto. Diskominfo BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara dan Dr.Zamakhsyari atas nama Rektor Universitas Dharmawangsa melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), Rabu (13/9/23) di Aula Rumah Dinas Bupati, Kompleks Perumahan Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Batubara , Sumatera Utara.

MoU dibuat Bupati upaya  meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan.

Kegiatan itu turut disaksikan Asisten I Setdakab Batubara Rusian Heri S.Sos dan beberapa Kepala OPD Pemkab Batubara.

Dr.Zamakhsyari menyampaikan, lewat kerjasama yang telah dibuat diharapkan program pendidikan di universitasnya bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Batubara, seperti kerjasama penelitian.

“Setiap semester ada dana untuk penelitian bekerjasama dengan pemerintah-pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara,”ujar Zamakhsyari.

Sementara, Bupati Zahir menyebutkan, Pemkab Batubara membuka seluas-luasnya kepada universitas-universitas untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan.

Salah satu terwujudnya MoU pengembangan SDM ketika masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diberikan diskon biaya kuliah 50%.

Hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika jumlah para mahasiswa asal Kabupaten Batubara bertambah banyak kuliah di Universitas Dharmawangsa.

Bupati Zahir menyebut kualitas SDM sangat penting karena Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang baik.

“Sumber daya manusia sangatlah penting. Kita punya sumber daya alam yang cukup baik di Indonesia. Kita punya tambang, timah dan nikel. Sesuai dengan instruksi presiden ke depan kita harus ada hilirisasi produk dan hilirisasi sumber daya alam, maka diperlukan sebuah teknologi dan memiliki sumber daya manusia. Jadi antara SDA dan SDM digabung menjadi sebuah produk yang bisa dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan,”ucap Bupati Zahir. (red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan