Pemprov Sumut Jajaki Kerja Sama Dengan Tiongkok

Foto: Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanudin saat menyambut tim delegasi Provinsi Yunnan Tiongkok.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin menerima delegasi Provinsi Yunnan, Tiongkok, Kamis (21/9/23) di Ruang Kerjanya Lantai 10, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Kedatangan Vice Governor dan Pemimpin Overseas Friendship Association of Yunnan Yang Ning juga turut disambut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Naslindo Sirait, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Faisal Arif Nasution.

Dalam pertemuan itu Pj Gubernur Sumut  menjajaki kerja sama berbagai sektor dengan Provinsi Yunnan, Tiongkok. Termasuk kerja sama bidang pertanian, perkebunan, pariwisata hingga pendidikan.

Kerja sama itu disambut baik sebab banyak sektor potensi untuk dikerjasamakan antara kedua daerah tersebut. Provinsi Sumut sendiri punya potensi mulai dari pertanian, perkebunan, pariwisata dan lainnya.

“Menurut saya banyak hal yang bisa dikerjasamakan, dilihat dari potensinya, Sumut dan Yunnan sangat bisa digali potensinya, termasuk pendidikan juga bisa,”kata Hassanudin.

Ia juga menyebutkan, pertemuan tersebut merupakan titik awal penjajakan kerja sama antara kedua daerah dan dapat didalami lebih lanjut.

“Kami menyambut baik, semoga kita saling mendalami dan saling bekerja sama dengan saling menjaga hubungan baik,”harapan Hassanudin.

Sementara itu, Vice Governor dan Pemimpin Overseas Friendship Association of Yunnan Yang Ning menyebutkan, Sumut punya banyak kemiripan dengan Provinsi Yunnan. Yunnan memiliki potensi mulai dari pertanian hingga perkebunan. Sebab itu, Yunnan melirik Sumut untuk menjajaki kerja sama.

“Provinsi Sumut dan Yunnan punya banyak kemiripan, seperti sumber daya pertanian sangat banyak, produksi bunga segar Yunnan bisa dikatakan di posisi ke dua dunia, selain itu banyak penelitian dan universitas yang meneliti bidang pertanian,”sebutnya.

Yang Ning juga sempat melihat logo Pemprov Sumut yang memiliki potensi dari gambaran logo tersebut. Selain itu, Yang Ning senang datang ke Sumut.

“Saya baru datang pertama kali ke Indonesia, khususnya Sumut, saya sangat senang datang kemari, semoga kerja sama ini dapat diperdalam,”kata Yang Ning.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan