Dessy Hassanudin Ajak Masyarakat Humbahas Tidak Ragu ke Posyandu

Foto; Pj Ketua TP PKK Sumatera Utara Dessy Hassanudin saat berbincang dengan ibu dan anak yang sedang mengikuti Posyandu , di Kabupaten Humbang Hasundutan,(foto.Diskominfo Sumut)

HUMBAHAS.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara Dessy Hassanudin kunjungi sejumlah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (7/10/23).

Kunjungan itu diantaranya, Posyandu Dosroha dan Posyandu Saroha diwilayah Desa Pearung Silali, Kecamatan Parangin.

Dalam pertemuan itu Dessy Hassanudin menyampaikan bahwa dengan mengikuti kegiatan Posyandu akan mendapat banyak manfaat, terutama tentang kesehatan.

“Jadi masyarakat Humbahas agar tidak ragu ke Posyandu,”ujar Dessy disela-sela kegiatan.

Saat di Posyandu tersebut Dessy didampingi Ketua TP PKK Humbahas Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor disambut masyarakat.

Seperti di Posyandu Dosroha Dessy yang juga Ketua Umum Pembina Posyandu Sumut tersebut menemui para lansia, orangtua balita dan merangkul balita untuk mengajak mereka berdialog langsung.

“Ayo rajin ke Posyandu, jangan ragu ke Posyandu, karena banyak manfaatnya. Selain mendapat berbagai layanan kesehatan, juga bisa memperoleh berbagai informasi tentang kesehatan,”ujar Dessy Hassanudin.

Selanjutnya, rombongan Ketua Umum Pembina Posyandu Sumut tersebut menemui para ibu yang membawa balita ke posyandu. ia menyapa Hito (4) yang duduk bersama sang ibu.

“Ibu gimana,,,?. Sehat-sehat ya ibu, rajin ke Posyandu ya bu, cek kesehatannya dan agar tetap sehat ya ibu,”ucapnya sambil menyalami para lansia dan  memberikan bantuan.

Selain itu Dessy juga sempat berbicara dengan seorang anak yang menanyakan.

“Hito mau jadi apa kalau sudah besar,,?. Makannya gimana,,? Mau makan? Ini ada bantuan makanan tambahan,”ucapnya.

Kepada seluruh yang hadir Dessy berpesan agar para ibu memperhatikan jarak usia anak, antara dengan ber-KB, sebab nantinya akan mempengaruhi perkembangan kesehatan bagi anak dan ibu.

Ia juga berpesan kepada tenaga kesehatan agar selalu mengajak masyarakat Humbahas datang ke Posyandu.

“Saya titip masyarakat di sini, kunjungi mereka. Ajak mereka agar rajin ke Posyandu,”bilangnya.

Opung Marchel (67) mengaku senang atas kehadiran Pj Ketua PKK Sumut. Selama ini, ia rajin datang ke Posyandu Saroha untuk mengecek kesehatan.

“Tensiku tinggi, 170/60. Kontrol yang lain juga. Sekali sebulan lah ku cek. Ada dikasih nanti obat sama orang yang tugas di Posyandu,”jawabnya.

Ibu Gabe Siburian yang membawa anaknya berusia 1,2 tahun ke Posyandu menyampaikan bahwa snaknya memiliki berat badan 9,5 kg.

“Kendala saya, anak susah makan. Anak saya dikasi ASI, gak mau susu formula. Ini mau imunisasi,”tukasnya.

Berdasarkan catatan di Posyandu Dosroha ada 71 balita diberikan imunisasi, 26 lansia dan 4 penderita stunting. Sementara di Posyandu Saroha tercatat ada 102 balita diimunisasi, 23 lansia, 5 ibu hamil, 2 ibu yang sedang nipas dan 7 penderita stunting.

Kegiatannya yang dilaksanakan Dessy Hassanudin tindak lanjut dari Pengukuhan Pj Ketua TP PKK Sumut bersama 37 Ketua TP PKK Provinsi lainnya.

Sebagai ex-officio Ketua dan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi, oleh Ketua Umum Pembina Posyandu Tri Tito Karnavian, 11 September 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan