PKK Batubara Ikut Rakorda PKK Sumut

Foto: Ketua TP PKK Batubara Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE bersama Pj Ketua TP PKK Sumut diabadikan disela-sela Rakorda.(foto. Diskominfo BB)

MEDAN.Ersyah.com l Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Batubara ikut rapat koordinasi daerah (Rakorda) PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2023, Jum’at (13/10/23) di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1, Medan.

Dari Kabupaten Batubara dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Ny Hj Maya Indriasari Zahir SE beserta pengurus.

iklan

iklan

Kadis Kominfo Batubara Erwin Aldrin Sitorus, Minggu (15/10/23) menyebutkan, Rakorda dibuka Pj Gubernur Sumut Hassanudin dalam rangka menggalakkan dan mengaktifkan layanan Posyandu di seluruh kabupeten/kota se-Sumatera Utara.

iklan

Acara juga dihadiri Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Sumut Hasmirizal Lubis dan seluruh Ketua, pengurus TP PKK kabupaten/kota di Sumut.

Dalam pertemuan itu Pj Gubsu menekankan program kerja TP PKK Sumut terus menggalakkan dan mengaktifkan layanan Posyandu di Sumut. Sebab menurut Pj Gubsu saat ini Posyandu yang aktif hanya sekitar 9.650 dari 15.712 jumlah keseluruhan Posyandu di Sumut.

“Saya berpesan untuk kembali mengaktifkan pelayanan Posyandu yang selama ini dibantu mitra pemerintah yaitu PKK, sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri. Yang tidak aktif ini karena terkendala pandemi Covid-19 dua tahun lalu,”papar Hassanudin.

Hassanudin, pengaktifan Posyandu juga untuk mendorong penurunan prevalensi stunting yang masih tinggi di Sumut sekitar 21,1%, yang berada di peringkat 19 dari provinsi lain yang ada di Indonesia. Selain itu Posyandu ini juga untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan, dimana Kabupaten Deliserdang masih daerah tertinggi pada kematian saat melahirkan.

“Kita juga perlu dorongan ibu-ibu PKK dalam mengawasi keluarga dari jeratan narkoba yang saat ini juga menjadi ancaman bagi masyarakat Sumut. Dimana 1,3 juta penduduk Sumut telah terpapar narkoba,”tukas Pj Gubsu.

Sementara Ny Dessy Hassanudin berharap kegiatan Rakonda dapat membahas berbagai hal terutama program PKK yang sejalan dengan pemerintah pusat yakni 10 Program Pokok PKK menuju Indonesia maju.

“Posyandu saat ini tidak hanya berperan sebagai objek pembangunan, tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonomi desa,”sebutnya.(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *