Pj Gubsu Harapkan Karo Expo Tingkatkan Pertanian Sumut

Foto: Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menerima rombongan audensi Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Karo Agro Expo merupakan event pameran pertanian yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian di Kabupaten Karo. Juga bisa memperluas pasar hasil pertanian dari Kabupaten Karo ke mancanegara.

“Saya harapkan Karo Agro Expo bisa tingkatkan pertanian di Sumut,”kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menerima audiensi Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dan rombongan, Jum’at (20/10/23) di Lt. 10 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan.

Hassanudin dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Karo untuk menyelenggarakan Karo Agro Expo 2023.

“Saya pribadi senang dengan event seperti ini, tentu kita akan memberikan dukungan penuh agar acara ini terlaksana dengan baik,”ujarnya.

Hassanudin, Karo Agro Expo rencananya  diselenggarakan mulai 23 hingga 25 Oktober 2023 di Hotel Sibayak Internasional. Selain pameran hasil pertanian, juga ada seminar untuk mengedukasi petani-petani di Sumut, antara lain pembuatan pupuk organik, penggunaan media tanam arang aktif dan lainnya.

“Event seperti ini tentu baik untuk sektor pertanian, tetapi kita harap tidak hanya berhenti di situ saja, harus ada kelanjutannya, bukan hanya untuk perdagangan, tetapi juga untuk petani kita sendiri,”pesan Hassanudin.

Sebelumnya, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan, pihaknya telah mengundang pembeli dari Amerika, Tiongkok, Belanda, Singapura, Korea, Malaysia dan Thailand. Nantinya pasar pertanian di Karo semakin luas dan petani juga mengerti pentingnya menjaga kualitas tanaman mereka.

“Ada beberapa negara kita undang dan mereka semua buyer, kita harap pasar hasil pertanian Karo semakin luas sehingga kesejahteraan petani semakin baik,”ungkap Cory.

Cory juga mengatakan nantinya akan memperkenalkan berbagai teknologi pertanian kepada petani di Karo. Sehingga, bisa mengurangi biaya produksi dengan hasil yang lebih besar.

“Kita akan memperkenalkan teknologi kepada petani kita yang mampu menghemat tenaga, cost dan hasil yang lebih besar,”sebut Cory.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan