Kapolda Sumut Kunker ke Batubara

Foto: Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya I.E SH SIK MSi disambut personil Polres Batubara.(foto. Humas Pol BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Kapolda Sumatra Utara (Sumut) lrjen Pol Agung Setya I.E SH SIK MSi berasama Irwasda diwakili Kombes Pol Wahyu Kuncoro SIK MH, Karo Ops  Kombes Pol Viktor Togi Tambunan SH SIK, Dansat Brimab Kombes Pol Christiyanto Goetomo SIK MH, Dir Samapta Kombes Pol  Dwi Tunggal Jaladri SH SIK MHum melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Batubara, Rabu (25/10/23).

Kedatangan rombongan Kapolda Sumut di Mapolres Batubara disambut Wakapolres Barubara Kompol Imam Alriyuddin SH MH,

Kabag Ops Kompol M. Surbakti SH MKn, Kabag SDM Kompol Elfrida Lumban Raja SE, para Kasat, Kapolsek jajaran Polres Batubara, Kasi, Kanit dan personil.

Menurut Plt Kasi Humas Polres Batubara Iptu Abdi Tansar SH MH kunjungan itu dalam rangka pemeriksaan kesiapan peralatan dan Personil Polres Batubara untuk Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Dalam arahan Kapolda Sumut dan menyampaikan untuk Satgas pencegahan preventif agar ditingkatkan lagi dan benar – benar turun ke lapangan untuk mendapatkan Informasi apa yang ada di Kabupaten Batubara.

“Agar kita dapat mengarahkan masyarakat menjadi lebih taat pada peraturan dan menghargai nilai – nilai, baik nilai Agama dan nilai Adat Istiadat. Kita harus mengembalikan marwah Kepolisian ini dengan mengarahkan masyarakat ke yang lebih baik,”ujarnya.

lrjen Pol Agung juga mengatakan, semua harus saling menghormati, harus tenggang rasa, harus saling bantu membantu, agar masyarakatnya lebih maju dan tidak sembrawut. Saat ini masyarakat saat senang mencari – cari kesalahan dari pada Kepolisian.  sehingga kita harus bisa menempatkan diri dengan saat ini beredar di kalangan masyarakat.

“Setiap adanya kesalahan dari Kepolisian akan menjadi pembahasan dari waktu ke waktu, karena masyarakat bukan kemudi yang mencari solusi akan masalah, tapi mencari masalah atas apa yang kita kerjakan dikalangan masyarakat,”katanya.

Ia juga berharap semua harus memahami permasalahan dan cara kerja yang sudah diatur seperti ada upaya – upaya pencegahan, serta penindakan.

Terkait Operasi Mantap Brata menurut lrjen Pol Agung, bukan hanya menangani pelanggaran tindak pidana Pemilu, namun juga menangani tindak pidana kriminal rutin lainnya.

“Bekerjalah secara maksimal, sehingga peralatan – leralatan yang kita miliki bisa kita gunakan,”pintanya.

lrjen Pol Agung, meminta personil Polres Batubara untuk beradaptasi dengan  kemajuan teknologi saat ini. Dan tidak menggunakan cara yang lama namun harus mengembangkan dengan cara yang baru dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Begitu juga bidang reserse, dalam pembuktian tidak hanya dari saksi atau pun dari tersangka, namun juga dari bukti materil yang harus disajikan, karena esensi dari lembuktian pidana adalah pembuktian materil.

“Esensi pembuktian materil didukung dengan teknologi menemukan alat bukti, dan mengelola alat bukti,”ungkapnya.

Sementara untuk personel lalu lintas, lrjen Pol Agung  melihat semakin jauh dari medan lalu lintasnya semakin sembrawut. Dalam memelihara Kamtibmas saat ini agar mengambil langkah – langkah agar lalu lintas tidak  semrawut.

Keberadaan personel lalu lintas harus benar – benar ada di lapangan dan jangan hanya karena ada keberadaan pimpinan, baru  personel lalu lintas ada di lapangan.

“Harus masyarakat yang merasakan bahwa lalu lintas kita semakin lancar. Saya berharap Ini semua dapat dikerjakan, dan saya pastikan kita semua pasti bisa. Kita semua harus bisa menyatu pada sistem operasional yang bisa mengendalikan dari unsur paling depan,”pinta lrjen Agung.

Ia juga menegaskan bahwa Polri bukan gerombolan, karenanya diminta bekerja profesional.

“Kita ini bukan gerombolan, tapi kita ini Polisi profesional, dan tunjukkan kita lebih baik dari pada yang lain,”tegasnya.

Dalam pengendalian massa, personel Dalmas lanjutan dan Dalmas awal harus benar – benar kompak dan tidak terpisah – pisah. Peralatannya agar benar – benar dijaga dan dibersihkan untuk bisa dipergunakan kembali.

“Jangan memisah – misahkan pekerjaan di Kepolisian ini, karena semua itu sama,”tambahnya.

lrjen Agung juga berpesan agar terus menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Batubara dan benar – benar dikendalikan. Tunjukkan bahwa Polisi ditengah – tengah masyarakat bukan Polisi ditengah – tengah kantor.

“Anda adalah penyidik profesional, jadi anda harus benar – benar bisa membongkar, menemukan fakta – fakta dan bukti – bukti yang ada pada perkara yang ditangani,”pesanya.

Untuk personel Bhabin, juga diingatkan agar jangan hanya melakukan sambang  saja tapi harus ada misi yang harus diselesaikan di desa masing – masing.

Begitu juga Personel Intel, harus benar – benar mendengarkan denyut dari masyarakat yang ada dilapangan, dipersoalan apa saja, seperti di Pedagang, maupun di kantor – kantor dan disajikan kepada pimpinan dan harus bekerja dalam Tim, bukan bekerja dengan sendiri – sendiri ataupun mandiri, ada kalanya memang kita harus bekerja mandiri, tapi saya meminta saat ini kita semua harus bekerja dalam Tim.

“Para pimpinan juga harus turun kelapangan agar tahu kondisi di lapangan bagaimana, jangan hanya duduk di kantor menunggu laporan.

Lakukan latihan kembali dengan sebaik baiknya untuk menciptakan fisik yang kuat agar mampu menyelesaikan permasalahan yang ada nanti,”tutupnya.(red01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan