Bupati Labura Hadiri Roadshow Bus KPK di Sumut

Foto: Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM diabadikan saat Roadshow Bus KPK 2023.(ersyah/f.sinaga)

MEDAN.Ersyah.com l Pembukaan Roadshow Bus KPK 2023 Provinsi Sumatera Utara (Provsu), sekaligus pengukuhan Anti Korupsi digelar, Kamis (26/10/23) di Auditorium Provsu, Pekan Rasa Sumatera Utara (PRSU).

Roadshow Bus KPK Tahun 2023 mengusung tema “Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” dihadiri Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Dr.KH Nurul Ghufron SH MH, Pj. Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Forkopimda, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM serta Bupati/Wali Kota, Kepala Inspektorat, beberapa pimpinan OPD Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

iklan

iklan

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran aparatur sipil negara di Sumut.

iklan

Pj Gubsu Hasanuddin menyampaikan  wejangan kepada Walikota dan Bupati se-Sumatera Utara yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Hasanuddin mengatakan, kehadiran Roadshow Bus KPK di Sumut dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan kemauan seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan sikap pencegahan dan pemberantasan tindakan korupsi.

Provinsi Sumut secara berkelanjutan dan konsisten selama 5 tahun terakhir fokus dalam melaporkan “clean government” dan “good government,” dan ini sangat disambut bai.

Sementara itu, Dr.KH Nurul Ghufron SH MH mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Sumatera Utara yang telah bersedia bekerja sama dengan KPK dalam memperkenalkan berbagai kegiatan selama Roadshow.

Tugas KPK tidak hanya mencakup menangkap tindakan pidana korupsi, tetapi juga melalui program ini, berusaha untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan tindak korupsi. Pendekatan ini mencakup pendidikan, pencegahan dan penindakan.

“Monitoring tidak mungkin dilakukan KPK sendiri. Ini harus melibatkan masyarakat, dan Roadshow Bus KPK ini menjadi salah satu upaya dalam mencegah isu-isu korupsi, terutama di Provinsi Sumatera Utara,”ujarnya.

Nurul Ghufron berharap Sumatera Utara dapat menjadi contoh bagi Indonesia dalam memerangi korupsi. KPK hadir untuk mempromosikan budaya pencegahan dan menyadari bahwa penangkapan saja tidak cukup.

“Semua ini harus dimulai dari diri kita masing-masing,”katanya.

Acara dibuka dengan pemukulan gondang dan penampilan tari multi-etnis, diikuti dengan pengukuhan penyuluh anti korupsi oleh Pj. Gubernur Sumut, Hasanuddin yang menyematkan selempang, disertai oleh Wakil Ketua KPK, Dr. KH Nurul Ghufron, SH, MH.

Turut mendampingi Bupati Labura, Sekda H.Muhammad Suib SPd MM, Kadis Kominfo Drs.Sugeng, Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Syahrul Adnan Hasibuan SE, Insfektur Indra Paria ST, Kadis Pendidikan Irwan, S.Pd, M.Pd, Kadis Pora Ismail Efendi Rambe, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Zulkarnaen SKM MM dan Kadis Pertanian drh. Sudarija.(F.Sinaga)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *