Sumut Ikuti STQ Nasional XXVII di Jambi

Foto: Pj Gubsu Hassanudin menyerahkan bendera petaka kepada Ketua Harian LPTQ Sumut Muda Harahap.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudin berangkatkan 19 Kafilah Sumut untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVII di Provinsi Jambi. Kegiatan itu ditandai penyerahan bendera pataka oleh Pj Gubsu kepada Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumut Palit Muda Harahap.

“Saya serahkan pataka ini untuk dikibarkan di Provinsi Jambi, saya yakin dan optimis kalian akan memberikan yang terbaik dan menjadikan kebanggaan masyarakat Sumut,” kata Hassanudin, Kamis (26/10/23) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan

Hassanudin, keberangkatan Kafilah STQ Sumut bisa menjadi sumber energi dan motivasi umat muslim, khususnya generasi muda, untuk terus mempelajari Alquran. Sehingga akan lahir generasi Qurani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta.

“Saya bangga kepada semua anak-anakku, bersungguh-sunggulah, berikan yang terbaik. Fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam hal kebaikan, termasuk menjadi yang terbaik di ajang ini,” harapnya.

Pj Gubsu berpesan kepada para peserta untuk menjaga kekompakan, dan menjaga nama baik daerah serta buat yang terbaik dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumut.

“Saya tidak menuntut menjadi yang terbaik, tetapi berbuatlah yang terbaik sesuai kemampuan kita, hingga peserta asal Sumut mampu memberikan kebanggan dan bisa dikenal di tingkat nasional dan internasional,“pesannya.

Ketua Harian LPTQ Sumut Palit Muda Harahap yang mewakili Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution menyampaikan, Kafilah Sumut yang mengikuti STQ Nasional XXVII di Jambi sebanyak 19 orang. Mereka akan mengikuti  8 cabang dan 10 golongan lomba, yakni seni baca Alquran, Hafal Alquran 1, 5, 20 dan 30 Juz, kemudian tafsir bahasa arab, hadits dengan sanad dan hadits tanpa sanad.

Untuk menghadapi STQ Nasional tersebut LPTQ Sumut telah memberikan pembekalan selama dua bulan kepada peserta, yang dipusatkan di SMK Negeri 7 Medan. “Kita beri mereka pembekalan dari pelatih-pelatih nasional asal Sumut, Insya Allah, mereka bisa memberikan yang terbaik buat Sumut, kita  mohon doa restu, agar mereka menjadi yang terbaik di STQ Jambi,” harapnya.

Adapun 19 peserta yang ikut diberangkatkan untuk menikuti STQ Nasional di Jambi yakni Erin Zelia Nawawi (peserta anak-anak putri) mewakili Kabupaten Serdangbedagai, Aulia Fikri Nasution (peserta anak-anak putra) mewakili Kabupaten Labuhanbatu, Sri Rahmadani (peserta dewasa putri) mewakili Kota Medan, Adnan (peserta dewasa putra) mewakili Kota Medan, Zalfa Imraatul Muflihah (peserta Tahfizh 1 juz dan Tilawah Putri) mewakili Kota Medan, Mhd Ikhsan (peserta Tahfiz 1 Juz dan Tilawah Putra) mewakili Kabupaten Serdangbedagai.

Kemudian, Qonitah Syukro Parinduri (peserta Tahfiz 5 juz dan Tilawah Putri) mewakili Kota Medan, Farhan Wildan Nasution (peserta Tahfiz 5 juz dan Tilawah Putra) mewakili Kota Medan, Fitri Rahayu (peserta Tahfiz 10 juz putri) mewakili Kabupaten Labuhanbatu Utara, Siti Ruhama Br Sirait (peserta Tahfiz 20 juz putri) mewakili Kabupaten Deliserdang, Nanda Al Hazmi Hasibuan (peserta Tahfiz 20 juz putra) mewakili Kabupaten Labuhanbatu, Zahrona Nasution (peserta Tahfiz 30 juz putri) mewakili Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Mhd Rizqi Mubarok (peserta tahfiz 30 juz putra) mewakili Kota Medan, Ali Sohot Siregar (peserta tafsir Bahasa Arab Putra) mewakili Kabupaten Padanglawas, Meilda Nazwa Hasibuan (peserta 100 hadits dengan sanad putri) mewakili Kabupaten Padanglawas,  Erdiansyah (peserta 100 hadits dengan sanad putra) mewakili Kabupaten Labuhanbatu Utara,  Linni Marito Simanjuntak (peserta 500 hadits tanpa sanad putri) mewakili Kabupaten Padanglawas, Muhammad Akhirudin Nasution (peserta 500 hadits tanpa sanad putra) mewakili Kabupaten Padanglawas.

Turut hadir Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sumut Muhammad Rahmadani Lubis, Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution, Kakanwil Kemenag Sumut diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Abdul Azhim serta pengurus LPTQ Sumut.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan