Kejuaraan Jetski Dunia di Danau Toba, Pj Gubsu Harapkan 100 Ribu Pengunjung

Foto: Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat konferensi pers soal penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Leke Toba tahun 2023.(foto. Diskominfo Sumut)

JAKARTA.Ersyah.com lPenyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 di Danau Toba, akan diselenggarakan pada 23 – 26 November 2023 mendatang.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudin menyampaikan siap untuk menyukseskan kejuaraan jetski dunia tersebut. Dan berharap  perhelatan itu dapat menarik seratus (100) ribu pengunjung.

Sebab event tersebut akan diadakan di empat kabupaten sekawasan Danau Toba, dari Karo, Dairi, Samosi dan Toba.

“Kita sangat menyambut baik dan bahagia, Sumut mendapat rezeki ini, harapannya 100 ribu pengunjung, kalau memang terwujud itu sangat luar biasa,” kata Hassanudin dalam konferensi pers, Selasa (31/10/23) di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta.

Pj Gubsu, Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023, tentunya pengunjung banyak dan ini pasti mendatangkan perputaran ekonomi yang besar bagi masyarakat Danau Toba. Untuk itu fokus sasaran Pemprov Sumut adalah azas manfaat bagi masyarakat tuan rumah penyelenggara.

“Yang jelas ada manfaat untuk masyarakat lokal, akan kita berdayakan, sebab itu, akan kita koordinasikan dan kolaborasikan secara ketat,”ujar Hassanudin.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo berharap, berbagai kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Danau Toba, dapat mendorong pembangunan sport tourism di Indonesia. Apalagi Danau Toba telah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia Powerboat tahun 2023.

“Kesuksesan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba yang menjadi stimulus industri olahraga air di Indonesia, ini merupakan amanat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan upaya pembangunan sport tourism yang menjadi instrumen penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarkat,”kata Dito.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo menyampaikan, F1 Powerboat 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak perekonomian senilai Rp1,7 triliun. Sehingga harapannya kesuksesan yang sama dapat terulang pada Aquabike World Championship.

“Kita bisa mengulang kesuksesan tersebut, kali ini ada empat kabupaten, bupati lain bisa sama-sama menikmati event ini,”ucap Kartika.

Informasi diterima dari Kominfo Sumut, kejuaraan jetski dunia di Danau Toba nantinya akan diikuti 128 pebalap dari 22 negara. Dan ada 10 pebalap lokal yang akan meramaikan perhelatan jetski dunia  tersebut.

Pada konferensi pers itu juga hadir Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif Sandiaga Uno, Direktur Holding Aviasi dan Pariwisata Maya Wartono.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan