Gerakan Sumut Mengajar Berkontribusi Besar Peningkatan Literasi Masyarakat

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin diabadikan bersama generasi muda Gerakan Sumut Mengajar.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Gerakan Sumut Mengajar digelar, Sabtu (4/11/23) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan.

Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin saat menghadiri kegiatan itu mengaku bangga dengan motivasi ratusan Relawan Gerakan Sumut Mengajar berkontribusi besar bagi peningkatan literasi masyarakat.

“Saya bangga dengan gerakan ini, generasi muda yang bergerak meningkatkan literasi masyarakat di Sumut, artinya kalian sudah berkontribusi pada pembangunan  daerah yang kita cintai ini,”kata Hassanudin.

Menurutnya, generasi muda merupakan pencipta optimisme bangsa, Gerakan Sumut Mengajar memberikan optimisme bahwa pembangunan masyarakat Sumut akan sukses.

“Semangat kaum muda ini jadi inspirasi bagi kita semua, bahwa mereka menggunakan masa mudanya dengan tidak berpangku tangan, tapi belajar memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, belajar darma bakti, belajar permasalahan sosial di tengah masyarakat, dan belajar memikirkan solusi menyelesaikan masalah,”ucap Hassanudin.

Dalam momen itu ia pun mengajak setiap pihak untuk ikut terlibat pembangunan literasi masyarakat di Sumut. Pembangunan tidak akan sukses apabila dikerjakan sendiri-sendiri. Apalagi  pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan prioritas pemerintah. SDM merupakan kunci kesuksesan suatu negara. Ada negara tanpa sumber daya alam (SDA), namun pendapatan per kapitanya tinggi lantaran SDM-nya berkualitas.

“Karena itu, pemerintah menetapkan prioritas pembangunan salah satunya yaitu meningkatkan budaya literasi, ini menjadi perhatian kita semua,”tukasnya.

Sementara disisi kegiatan juga dilakukan wisuda 213 pengajar muda, dan pembekalan pada 436 pengajar muda.

Pemotongan tumpeng hari jadi Gerakan Sumut Mengajar, yang diikuti Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti menyampaikan, motivasi dan arahan yang disampaikan Pj Gubernur dapat menambah semangat relawan Gerakan Sumut Mengajar.

“Kita senang sekali, Pak Pj Gubernur dapat menambah semangat para relawan yang terjun meningkatkan literasi masyarakat Sumut,”tutup Pembina Gerakan Sumut Mengajar tersebut.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan