DAERAH  

Wabup Labura Publikasi Data dan Komitmen Penurunan Stunting

Foto: Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH saat acara publikasi data dan komitmen pemerintah dalam pencegahan serta penurunan stunting.(ersyah/f.sinaga)

LABURA.Ersyah.com l Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH sekaligus sebagai Ketua TPPS Labura membuka secara resmi  Publikasi Data dan Komitmen Pemerintah dalam Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Labura, Kamis (9/11/23) di Aula Ahmad Dewi Syukur Kantor Bupati Labura, Sumatera Utara.

Dalam sambutan tertulis Bupati Hendriyanto Sitorus SE MM dibacakan H.Samsul Tanjung menyebutkan, publikasi data dan komitmen pemerintah dalam pencegahan dan percepatan penurunan Stunting di Labura merupakan upaya untuk mempublikasi data angka prevalensi Stunting, sebagai dasar untuk memperkuat komitmen pemerintah dan masyarakat serta lembaga dalam mendukung program pencegahan dan penurunan Stunting.

iklan

iklan

Untuk itu, kata Samsul Tanjung, peran serta semua pihak, baik masyarakat maupun lembaga agar selalu bersinergi dan bekerjasama menangani penurunan Stunting di Kabupaten Labura, sehingga kita berkontribusi optimal mencapai Labura Zero Stunting.

iklan

“Saya mengajak semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bersinergi dan bekerjasama menangani penurunan Stunting di Labura,”pintanya.

Sesuai amanah Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2021 serta Perbup Labura Nomor 37 Tahun 22 tentang percepatan penurunan Stunting.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Labura Erni Melinda Napitupulu, SKM menyampaikan, tujuan publikasi data dan komitmen pemerintah dalam pencegahan dan percepatan penurunan Stunting ini adalah untuk mengetahui proses pertumbuhan dan perkembangan gizi anak sesuai umur.

“Kegiatan ini untuk mengukur prevalensi Stunting di tingkat kabupaten, kecamatan dan tingkat desa, agar kita mengetahui proses perkembangan pertumbuhan gizi anak sesuai umur,”ujarnya.

Erni juga mengatakan, pemerintah berkomitmen memperkuat program di tengah-tengah untuk pencegahan penurunan Stunting.

“Memperkuat komitmen pencegahan penurunan Stunting kita harus saling komunikasi untuk meningkatkan SDM dan pengetahuan tentang Stunting, sekalipun itu komunikasi secara pribadi,”pinta Erni.

Acara itu juga di isi dengan penyampaian materi oleh dr. Zul Marleni dari Dinas Kesehatan Labura dan Yudianto dari Bappeda Labura, serta di tutup oleh Asisten Ekbang Muhammad Asril S.Sos dan sesi tanya jawab.

Hadir juga Asisten Ekonomi Pembangunan Muhammad Asril SSos, Sekretaris DPPKB Dedi Munthe MM, Mayor Czi Baginda Siregar SE, Danramil O1 Aek Kanopan, Lurah dan Kepala Desa yang lokus Stunting, serta Kepala Puskesmas.(F.Sinaga)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *