Bisnis Digital Tumbuh Positif di Sumut

Foto: Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, dihadapan para para penyedia teknologi startup hasil kurasi.(foto. Diskominfo BB).

MEDAN.Ersyah.com l Bisnis digital telah tumbuh positif di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pemerintah juga terus mendorong agar perusahaan rintisan atau startup terus meningkatkan daya saingnya. Berbagai elemen dan usur juga mendukung pertumbuhan, perkembangan dan keberlanjutan perusahaan rintisan di Sumut.

“Jika dilihat dari kontribusinya bagi perekonomian daerah, bisnis digital tumbuh positif di Sumatera Utara,”kata Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin melalui Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus di hadapan para para penyedia teknologi startup hasil kurasi Kementerian Kominfo dalam HUB.ID Accelerator 2023, Selasa(14/11/23) di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7 Medan.

iklan

iklan

Dukungan pertumbuhan bisnis tersebut bisa dilihat dari adanya berbagai pemangku kepentingan, sumber daya, dan infrastruktur yang saling Keterkaitan dan saling mendukung.

iklan

“Demikian pula investor, inkubator dan akselerator, komunitas dan jaringan, lembaga pendidikan dan penelitian, perusahaan coorporate, co-working spaces, serta media dan publikasi juga saling mendukung,”ujar Sitorus.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Provinsi  Sumut terus berupaya menjaga ekosistem kondusif, untuk tercipta lingkungan yang merangsang pertumbuhan startup, membantu meningkatkan daya saing regional, dan mendorong inovasi di berbagai sektor ekonomi.

“Mari kita semua, tidak hanya memberikan tepuk tangan untuk pencapaian para startup, tetapi juga mengakui kekuatan kolektif kita untuk membentuk masa depan bersama-sama,  kita ciptakan lingkungan yang merawat inovasi, mendukung semangat kewirausahaan,”tutup Sitorus.

Kementerian Kominfo pada tahun ini program tersebut kembali diselenggarakan dan telah memilih 25 startup yang dibagi dalam lima vertikal bisnis yaitu, Healthtech, Agritech & Fisheries, ESG Related, SME Enablers & Logistic, dan Financial Technology.

Turut hadir Networking Session di Kota Medan, TruClimate, BepahKupi, Logice, Pintar, Broom.id, Mindtera, Soul Parking, Redy dan My Skill, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, perwakilan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah,  perwakilan OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menyebutkan, tugas Pemerintah Indonesia adalah menciptakan ekosistem teknologi dan inovasi yang dapat mendukung Indonesia menjadi negara yang memiliki kekuatan sebagai tuan rumah, dengan pelaku industri teknologi yang didominasi anak bangsa sendiri.

Semhinggs, Pemerintah Indonesia mendorong terwujudnya transformasi digital yang meliputi tiga elemen penting, seperti ,pemerintahan, ekonomi dan masyarakat yang dibingkai dalam  framework Indonesia Digital Nation,”katanya.

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Ekonomi Digital, juga memfasilitasi para mitra bisnis, dalam mendukung pencapaian transformasi digital melalui program Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pertanian, Maritim, Logistik, Pendidikan, Pariwisata, Kesehatan dan UMKM.

“Kami membantu agar inovasi teknologi yang dimiliki juga dikenal dan dimanfaatkan masyarakat pengguna, dengan harapan berdampak pada peningkatan efisiensi, efektivitas dan nilai ekonomi pada sektor-sektor tersebut,”tutupnya.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *